Fresh graduate susah dapat kerja? Ini tips biar cepat mendapat pekerjaan

Selasa, 07 Juli 2020 | 13:56 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Fresh graduate susah dapat kerja? Ini tips biar cepat mendapat pekerjaan

ILUSTRASI. Fresh graduate sering kali susah mendapatkan kerja


Mencari kerja - JAKARTA. Impian para fresh graduate, tentunya ingin cepat dapat kerja. Terlebih, pekerjaan impian dengan gaji yang bagus.

Sayangnya, kenyataannya tidak seindah impian. Banyak lulusan baru yang harus berjuang berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk mendapatkan pekerjaan pertamanya.

Tanpa mereka sadari, banyak kesalahan-kesalahan saat melamar pekerjaan bisa membuat CV hanya mampir di meja HRD perusahaan.

Minimnya informasi mengenai tips dalam melamar pekerjaan serta faktor lainnya, membuat mereka terpaksa berjuang lebih lama untuk mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga: Ini 7 jurusan kuliah yang sering jadi incaran HRD perusahaan

Biar cepat dapat kerja, fresh graduate bisa mencoba tips mencari pekerjaan berikut:

Ikuti job fair baik nasional maupun daerah

Cara paling mudah untuk cepat dapat kerja untuk fresh graduate adalah mengikuti job fair. Biasanya banyak universitas, baik negeri maupun swasta, yang menggelar job fair secara umum.

Tiap tahun, kampus-kampus tersebut akan membuka kesempatan bagi perusahaan-perusahaan yang sedang mencari talenta baru dengan menggelar job fair.

Pemerintah, baik pusat maupun daerah, juga sering mengadakan job fair dengan kualifikasi pendidikan yang lebih beragam. Sering-seringlah mencari informasi melalui internet maupun website kampus agar update dengan jadwal job fair.

Baca Juga: Lowongan kerja di OVO, ada belasan posisi untuk staf, manager dan kepala divisi

Follow akun media sosial dan website penyedia lowongan kerja

Jika job fair sedang tidak ada, masih ada jalan agar Anda mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan. Ada beberapa website penyedia lowongan pekerjaan yang bisa Anda gunakan untuk mencari pekerjaan.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru