Gejala virus corona ini tidak diketahui oleh banyak orang

Sabtu, 20 Februari 2021 | 15:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Gejala virus corona ini tidak diketahui oleh banyak orang

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selama ini, gejala Covid-19 yang diketahui oleh masyarakat umum adalah demam, batuk, dan sesak napas. Namun, masih ada ciri-ciri terinfeksi virus corona lain yang bisa muncul, lo.

Dengan memerhatikan gejalanya, Anda bisa mendapat penanganan Covid-19 secara lebih efektif. Selain memerhatikan gejala yang muncul, tetap praktikkan protokol kesehatan secara disiplin.

Usahakan untuk tidak berkumpul dengan banyak orang di luar rumah. Jika terpaksa melakukannya, selalu jaga jarak dan gunakan masker secara benar.

Tidak berhenti sampai di situ, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir penting untul terus dilakukan.

Nah, setelah protokol kesehatan selalu Anda lakukan, jangan lupa untuk memerhatikan gejala yang muncul di diri Anda dan anggota keluarga yang tinggal serumah.

Rambut rontok

Mengutip dari Eatthis.com, rambut rontok bisa jadi tanda tubuh terinfeksi virus corona. Penelitian terbaru menunjukkan, 25% dari 48.000 pasien Covid-19 mengalami telogen flavium atau rambut rontok sementara akibat sistem dalam tubuh yang syok karena demam tinggi.

Baca Juga: Dua alat yang harus tersedia untuk isolasi mandiri di tengah pandemi Covid-19

Kesehatan mata terganggu

Gejala Covid-19 juga bisa terlihat dari kesehatan mata Anda, lo. Seseorang yang terinfeksi virus corona dapat mengalami konjungtivitis, mata gatal, photophobia atau sensitif terhadap cahaya, dan ragam masalah kesehatan mata yang lain.

Gangguan indra pendengarahan

Tidak hanya menyerang mata, Covid-19 juga mengakibatkan gangguan pada indra pendengaran Anda. Beberapa gangguan yang bisa Anda alami adalah pusing, vertigo, pingsan, tinnitus, dan gangguan pendengaran yang lain.

Baca Juga: Catat! 4 Hal yang harus dilakukan bila tak sengaja bertemu orang positif Covid-19

Iritasi kulit

Kulit yang terasa gatal bisa jadi salah satu gejala Covid-19.

Gejala Covid-19 lainnya yang bisa Anda alami adalah kulit menjadi iritasi. Melansir Eatthis.com, sebanyak 20% pasien terinfeksi virus corona mengalami masalah kulit, seperti ruam dan gatal-gatal.

Anda perlu berhati-hati karena gangguan tersebut bisa berlangsung selama berbulan-bulan.

Selain memerhatikan gejala yang muncul dan menerapkan protokol kesehatan dengan benar, Anda juga perlu meningkatkan sistem imun tubuh Anda. Usahakan untuk rajin olahraga dan konsumsi makanan bergizi agar daya tahan tubuh tak menurun.

Jangan lupa bersihkan permukaan benda di sekitar Anda dengan disinfektan. Apalagi, benda-benda yang sering Anda pegang, seperti meja atau gagang pintu.

Mengonsumsi suplemen tambahan pun juga bisa Anda lakukan sebagai pencegahan Covid-19.

Selanjutnya: Cara mencegah penularan virus corona di tengah kerumunan banyak orang

Editor: Belladina Biananda


Terbaru