Hari Bumi 2022, Simak Sejarah di Baliknya yang Perlu Anda Ketahui

Jumat, 22 April 2022 | 05:11 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Hari Bumi 2022, Simak Sejarah di Baliknya yang Perlu Anda Ketahui

ILUSTRASI. Hari Bumi.


KONTAN.CO.ID - Hari Bumi sedunia atau Earth Day diperingati setiap tanggal 22 April, tepatnya hari ini. Di balik peringatan hari besar tersebut terdapat sejarah yang perlu Anda ketahui terkait awal mula 22 April ditetapkan sebagai Hari Bumi. 

Setiap tahun Hari Bumi membawa isu atau tema yang berbeda-beda. Hal tersebut dikarenakan masih banyak isu masalah lingkungan di bumi yang perlu kita selesaikan bersama. 

Untuk tema Hari Bumi tahun 2022 ini mengusung tema "Invest in Our Planet" atau yang dimaksud dengan investasi di planet kita. Tema yang dibawa sebetulnya masih berkaitan dengan tahun sebelumnya 2021 yaitu "Restore Our Earth" yang intinya memperbaiki planet kita. 

Baca Juga: Makanan yang Mengandung Karbohidrat dan Jadi Sumber Energi, Apa Saja?

Sebelum itu, tahukah Anda awal mula sejarah adanya Hari Bumi? 

Sejarah Hari Bumi 

Melansir dari laman Earth Day, Hari Bumi diperingati setiap tanggal 22 April yang ditandai dengan adanya gerakan lingkungan modern yang bermula pada tahun 1970 lalu. 

Selama dekade menjelang perayaan Hari Bumi yang pertama cukup banyak isu masalah lingkungan terjadi. Salah satunya polusi udara di mana-mana yang disebabkan oleh asap yang dikeluarkan oleh pabrik-pabrik. 

Dilansir dari laman United States Environmental Protection Agency, sebelum tahun 1970 ada sebuah pabrik yang memuntahkan asap beracun ke udara atau membuang berton-ton limbah beracun ke sungai dan hal tersebut tidak bisa dibawa ke pengadilan.

Pasalnya, saat itu belum ada payung hukum yang jelas dan masyarakat tidak menyadari bahwa masalah lingkungan dapat membahayakan kesehatan dan merusak bumi.

Baca Juga: Menjaga Sistem Pencernaan, Ini 6 Manfaat Terong Untuk Kesehatan

Kemudian, aktivis lingkungan asal Amerika, Gaylord Nelson mencanangkan adanya Hari Bumi dengan membawa masalah lingkungan, gelojak ekonomi serta politik pada saat itu semakin memburuk ke dalam agenda nasional Amerika Serikat. 

Saat peringatan Hari Bumi pertama tahun 1970, dua puluh juta orang dari berbagai kalangan berdemonstrasi di berbagai kota di Amerika Serikat menyuarakan masalah-masalah lingkungan yang semakin memburuk. 

Alhasil, singkat cerita aksi demonstrasi tersebut memberikan dampak positif. Dengan disetujuinya pembentukan badan federal baru untuk menangani masalah lingkungan, Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat yang kini disebut United States Environmental Protection Agency (EPA) sekaligus ditetapnya Hari Bumi yang diperingati setiap tanggal 22 April.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru