HP Android jadul bakal sulit akses sebagian situs mulai tahun 2021

Selasa, 10 November 2020 | 16:45 WIB Sumber: Mashable
HP Android jadul bakal sulit akses sebagian situs mulai tahun 2021


HP ANDROID - Pengguna HP Android lama harap was-was di tahun 2021, sebab sebagian website atau situs di internet sudah tidak lagi mendukung sertifikasi jadul. Let's Encrypt menghentikan dukungan seluruh sertifikasi jadul di HP Android versi 7.1.1 atau Nougat ke bawah.

Sebagai informasi tambahan, untuk mengunjungi sebuah website atau situs di internet harus ada sertifikasi. Sertifikasi tersebut dikeluarkan oleh Let's Encrypt, sehingga membuat pengalaman browsing di internet lebih aman. 

Kabarnya di tahun 2021, sertifikasi untuk HP Android jadul akan dicabut. Sehingga sebagian website di internet akan sulit diakses oleh pengguna HP Android jadul.

Mengutip dari Mashable.com, per 11 Januari 2021 Let's Encrypt akan menyetop default sertifikat yang umum digunakan.

Sehingga pengguna HP Android versi 7.1.1 atau Nougat ke bawah akan kesulitan mendapatkan pengalaman maksimal ketika browsing.

Pun demikian keamanan ketika browsing juga cukup rentan karena sertifikat lamanya tersebut sudah tidak didukung.

Menurut Let's Encrypt, pengguna HP Android versi jadul 7.1.1 atau Nougat ke bawah di Google Playstore sekitar 33,8%. Sehingga membuat mereka memilih untuk meninggalkan dukungan sertifikat pada HP Android jadul.

Namun demikian ada solusi sementara yang masih bisa dilakukan oleh pengguna HP Android jadul.

Untuk menikmati pengalaman browser yang maksimal dan aman, Let's Encrypt menyarankan menggunakan browser Mozilla Firefox.

ILUSTRASI: Mozilla Firefox

Sebab Let's Encrypt memiliki kerja sama dengan Mozilla termasuk dukungan sertifikat yang masih didukung. Jadi dengan browser Mozilla Firefox pengguna HP Android jadul masih bisa berselancar di dunia internet dengan pengalaman yang maksimal.

Sayangnya untuk browser populer lainnya, seperti Google Chrome atau browser bawaan HP Android tidak mendukung sertifikasi tersebut.

Bagi Anda pengguna HP Android jadul versi 7.1.1 atau Nougat ke bawah solusinya hanya ada dua. Yang pertama bisa browsing dengan pengalaman maksimal menggunakan Mozilla Firefox.

Atau pilihan kedua Anda bisa tinggalkan HP Android lama dan upgrade ke smartphone yang lebih baru.

Anda pilih yang mana?

Selanjutnya: Opsi mute notifikasi WhatsApp selamanya sudah bisa dicoba

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru