Ini posisi tidur yang tepat untuk ibu hamil, nyaman dan aman untuk kehamilan

Selasa, 09 Maret 2021 | 15:59 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini posisi tidur yang tepat untuk ibu hamil, nyaman dan aman untuk kehamilan

ILUSTRASI. Ini posisi tidur yang tepat untuk ibu hamil, nyaman dan aman untuk kehamilan.

KONTAN.CO.ID -  Gangguan tidur sering kali dialami oleh ibu saat sedang hamil. Tidak jarang ibu berpindah posisi untuk mencari posisi tidur yang nyaman. 

Selama kehamilan sering kali tidur menjadi hal yang cukup sulit didapat. Terlebih saat kehamilan pada trimester kedua dan ketiga dimana para ibu kesulitan mencari posisi yang pas saat tidur. 

Perut ibu yang mulai membesar membuat posisi tidur menjadi terbatas. Tidur yang tidak nyaman bisa mengganggu durasi istirahat ibu hamil. 

Padahal istirahat yang cukup sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Selain perut yang membesar, kadang ibu takut melukai janin dengan posisi tidur tertentu. 

Mengutip dari Kids Health, frekuensi buang air kecil yang meningkat juga menjadi faktor ibu hamil kurang tidur. Napas yang pendek, sakit punggung, dan kram pada kaki juga mengganggu tidur ibu. 

Baca Juga: Macam-macam warna pada ASI, tidak perlu panik jika tidak berwarna putih

Posisi tidur yang tepat untuk ibu hamil

Ada beberapa posisi tidur yang pas untuk ibu hamil. Bersumber dari Healthline posisi tidur miring ke kiri bagus untuk kehamilan. 

Posisi ini bisa mengurangi sakit pada punggung saat kehamilan. Dengan posisi tidur menyamping di sebelah kiri juga mengurangi tekanan pada ginjal dan hati. 

Kedua organ ini bisa bekerja lebih baik dan membantu kram serta pembengkakan pada kaki dan tangan Anda. Tidur dengan posisi miring ke kanan juga sama amannya dengan miring ke kiri.

Agar lebih nyaman, Anda bisa menggunakan bantal khusus hamil yang berbentuk huruf U atau C. 

Bantal tersebut bisa membantu menyokong perut Anda yang mulai membesar. Jika tidak ada bantal khusus, guling atau bantal biasa bisa digunakan sebagai gantinya. 

Pastikan Anda nyaman dengan posisi tersebut agar kualitas tidur tetap terjamin. 

Posisi tidur terlentang tidak disarankan saat kehamilan terutama saat kehamilan sudah memasuki trimester 2 dan 3. 

Posisi tidur ini bisa menyebabkan sakit punggung gangguan pencernaan. Tekanan darah menjadi menurun hingga akan berefek pada jantung dan janin Anda. 

Tips tidur nyenyak saat hamil

Agar tidur Anda lebih nyaman dan nyenyak, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Tips berikut bisa membantu Anda untuk tidur lebih cepat, dirangkum dari American Pregnancy.

  • Jangan minum air berlebihan beberapa jam sebelum tidur. Hal ini bisa mengurangi frekuensi Anda untuk kencing di malam hari. 
  • Kurangi konsumsi kafein. Kafein bisa mengganggu waktu tidur Anda, jadi coba untuk mengurangi konsumsinya. 
  • Melakukan aktivitas yang menangkan. Anda bisa berendam dengan air hangat atau pijatan di kaki dan pundak. Aktivitas ini bisa membantu tubuh lebih rileks. 
  • Berolahraga selama 30 menit. Olahraga bisa membantu Anda lebih mudah untuk tidur. Usahakan jangan berolahraga selama 4 jam sebelum tidur. 

Selanjutnya: Melatih kecerdasan emosional anak juga penting, ini cara ampuh melatihnya

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru