Inilah 7 rahasia cara mendidik anak agar mereka sukses, perlu ditiru orang tua

Selasa, 12 Januari 2021 | 15:18 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Inilah 7 rahasia cara mendidik anak agar mereka sukses, perlu ditiru orang tua

ILUSTRASI. Inilah 7 rahasia cara mendidik anak agar mereka sukses, perlu ditiru orang tua. KONTAN/Muradi


KONTAN.CO.ID -  Pola asuh orang tua menjadi salah satu penentu seorang anak bisa sukses atau tidak. Karenanya orang tua perlu memperhatikan cara mereka mendidik buah hati. 

Anak yang sukses terbentuk dari sebuah proses yang panjang. Karakteristik orang yang sukses terbentuk selama mereka berada dalam pengawasan orang tua. 

Cara mendidik Anda berperan besar dalam membentuk karakteristik dari anak tersebut.  Berikut cara mendidik anak agar sukses di masa mendatang dihimpun dari Business Insider dan Entrepreneur

  • Mengajak anak melakukan pekerjaan rumah

Suatu saat nanti anak akan hidup secara mandiri. Karenanya penting untuk mereka memiliki kemampuan mengerjakan pekerjaan rumah. 

Tidak sedikit anak yang tidak bisa menyapu, mencuci piring, atau mencuci baju dengan benar.  Anak yang terbiasa mengerjakan pekerjaan rumah lebih bisa berkolaborasi dengan rekan kerja. 

Mereka memiliki sikap empati yang lebih baik karena tahu arti dari perjuangan. Anak juga bisa melakukan pekerjaan lebih mandiri dengan cara ini.  

Baca Juga: Inilah 8 kegiatan yang dibatasi selama PSBB Jawa dan Bali

  • Mendorong anak untuk bersosialisasi

Kemampuan berkomunikasi sangat penting untuk kesuksesan seseorang. Agar anak tumbuh menjadi pribadi yang sukses, kemampuan ini perlu diasah. 

Dorong anak untuk ikut dengan kegiatan yang membutuhkan banyak interaksi. Ajak mereka untuk mengikuti bakti sosial atau kursus. 

  • Belajar matematika lebih dini

Selain mengasah kemampuan membaca, asah juga kemampuan matematika anak. Anak yang belajar membaca dan matematika lebih dini cenderung memiliki nilai akademik yang baik. 

Hal ini disampaikan oleh peneliti dari Northwestern University, Greg Duncan, melalui Entrepreneur. Anak-anak yang dibekali pengetahuan matematika dan membaca memiliki prestasi akademik yang baik. 

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru