​Inilah manfaat terumbu karang bagi manusia dan lingkungan

Senin, 30 Agustus 2021 | 15:07 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​Inilah manfaat terumbu karang bagi manusia dan lingkungan

ILUSTRASI. Peneliti memeriksa kesehatan terumbu karang. ?Inilah manfaat terumbu karang bagi manusia dan lingkungan.


SAINS - Terumbu karang adalah sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga yang disebut Zooxanthellae. ​Inilah manfaat terumbu karang bagi manusia dan lingkungan.

Dirangkum dari laman Direktorat Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan, terumbu karang termasuk dalam jenis filum Cnidaria kelas Anthozoa yang memiliki tentakel. 

Terumbu karang pada umumnya hidup di pinggir pantai atau daerah yang masih terkena cahaya matahari kurang lebih 50 meter di bawah permukaan laut. 

Beberapa jenis terumbu karang dapat hidup jauh di dalam laut dan tidak memerlukan cahaya. Namun, terumbu karang tersebut tidak bersimbiosis dengan Zooxanhellae dan tidak membentuk karang.

Ekosistem terumbu karang sebagian besar terdapat di perairan tropis, sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan hidupnya terutama suhu, salinitas, sedimentasi, Eutrofikasi, dan memerlukan kualitas perairan alami (pristine).

Selain itu, ada sejumlah manfaat terumbu karang baik secara ekonomi maupun ekologi. 

Baca Juga: Jenis-Jenis Gaya Aquascape untuk Inspirasi Konsep

Manfaat terumbu karang 

Terumbu karang mengandung berbagai manfaat yang sangat besar dan beragam, baik secara ekologi maupun ekonomi. 

Ada dua jenis manfaat terumbu karang yakni manfaat secara langsung maupun tidak langsung. 

Manfaat terumbu karang secara langsung bagi manusia adalah sebagai tempat hidup ikan yang banyak dibutuhkan manusia dalam bidang pangan, seperti ikan kerapu, ikan baronang, ikan ekor kuning. 

Selain itu, manfaat terumbu karang juga sebagai potensi pariwisata. Saat ini, keindahan terumbu karang menjadi salah satu daya tarik wisata bahari. 

Sedangkan yang termasuk manfaat terumbu karang secara tidak langsung adalah sebagai penahan abrasi pantai yang disebabkan gelombang dan ombak laut, serta sebagai sumber keanekaragaman hayati.

Selanjutnya: Paket Wisata ke Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Mulai Rp 355.000 di Tiket.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru