Inilah pengertian bilangan bulat, operasi hitung, serta contoh bilangan bulat

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 06:52 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Inilah pengertian bilangan bulat, operasi hitung, serta contoh bilangan bulat

ILUSTRASI. Inilah pengertian bilangan bulat, operasi hitung, serta contoh bilangan bulat.


KONTAN.CO.ID -  Ada berbagai macam bilangan yang kita pelajari dan gunakan di kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah bilangan bulat.

Jenis bilangan ini selalu muncul di berbagai pelajaran yang membutuhkan kemampuan berhitung seperti matematika dan fisika. 

Bilangan bulat, bersumber dari www.britannica.com, adalah kumpulan bilangan yang terdiri dari bilangan cacah, nol, dan bilangan bulat negatif. 

Bilangan bulat disimbolkan dengan huruf Z. Bilangan cacah terdiri dari bilangan nol (0) dan bilangan bulat positif. Contoh dari bilangan bulat positif adalah 1, 2, 3, dan seterusnya. 

Sedangkan bilangan bulat negatif contohnya adalah -3, -10, dan sebagainya. Nol merupakan bilang tersendiri dan tidak masuk dalam bilangan cacah atau bilangan bulat negatif.

Bilangan seperti desimal dan pecahan tidak masuk dalam himpunan atau kumpulan bilangan bulat. 

Baca Juga: Lowongan kerja terbaru di Shopee Indonesia di berbagai posisi, simak infonya ini

Untuk memudahkan menentukan bilangan bulat, kita bsia menggunakan garis bilangan. Melansir dari lumenlearning.com, dalam garis bilangan, angka nol terletak di tengah-tengah.

Di sebelah kanan adalah bilangan cacah dan di sebelah kiri adalah bilangan bulat negatif. Semakin ke kanan bilangan cacah di garis bilangan maka nilainya semakin besar. Sebaliknya semakin ke kiri bilangan negatif, maka nilainya semakin kecil. 

Garis bilangan pada bilangan bulat

Operasi hitung bilangan bulat

Dalam operasi hitung bilangan bulat, ada beberapa aturan yang perlu diperhatikan. Bersumber dari byjus.com, operasi hitung pada bilang bulat diantaranya

  • Penjumlahan 

Penjumlahan bilangan bulat dengan tanda atau jenis yang sama maka hasilnya sama seperti jenis bilangan yang ditambahkan. 

Jika bilangan cacah ditambah bilangan cacah maka hasilnya juga bilangan cacah. Sedangkan bilangan negatif ditambah negatif hasilnya akan bilangan negatif. 

Contoh:
2 + 2 = 4
-2 + -2 = -4

Baca Juga: Cara download video YouTube menjadi MP3 tanpa aplikasi tambahan dan gratis

Sedangkan untuk penjumlahan dengan dua jenis yang berbeda hasilnya merupakan hasil pengurangan dan jenisnya ditentukan dengan jenis bilangan yang paling besar. 

Jika bilangan yang lebih besar adalah negatif maka hasil pengurangannya akan negatif. Sebaliknya jika bilangan yang besar adalah bilangan cacah maka hasil pengurangannya adalah bilangan cacah. 

Contoh:
- 6 + 4 = -2
10 + (-5) = 5

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru