Inilah provinsi dengan pulau terbanyak di Indonesia

Sabtu, 15 Agustus 2020 | 07:20 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Inilah provinsi dengan pulau terbanyak di Indonesia


PULAU -  PRATAYANG JUMAT/ Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang membentang dari Sabang hingga Merauke.  Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat luas wilayah Indonesia mencapai 1.916.906,77 kilometer persegi. 

Sementara, Indonesia memiliki 16.056 pulau yang mayoritas tidak berpenghuni. Namun, ada provinsi di Indonesia yang memiliki jumlah terbanyak. 

Bahkan jumlah pulau di provinsi tersebut mencapai sekitar 25 persen dari keseluruhan pulau di Indonesia. Lantas, di mana provinsi tersebut?

Baca Juga: PLN hadirkan listrik 24 jam di distrik terpencil Jayapura dan Sulawesi Tengah

Provinsi Papua Barat

Papua Barat merupakan provinsi dengan pulau terbanyak di Indonesia. Total pulau yang terdapat di provinsi tersebut sebanyak 4.108 pulau. 

Provinsi yang beribukota di Manokwari ini memang terkenal dengan wisata pulaunya seperti Raja Ampat. 

Raja Ampat berkali kali masuk dalam daftar destinasi rekomendasi media luar negeri. Salah satunya dari CNN Internasional, sebagai posisi teratas destinasi rekomendasi pakar yang tidak boleh dilewatkan (20 Travel Destinations The Experts Say Not to Miss).

Dibutuhkan biaya yang besar untuk berwisata ke Raja Ampat. Namun, Raja Ampat sendiri memang tidak ditujukan untuk pariwisata massal demi menjaga biota laut.

Salah satu pulau yang di kawasan Kepulauan KRaja Ampat yang terkenal adalah Pulau Waigeo. Pulau ini terkenal karena menjadi habitat burung Cenderawasih. 

Baca Juga: Kisah Sukses Nurchaeti, Mantan TKI Beromzet Miliaran

Provinsi Papua Barat sendiri memiliki 13 kabupaten/kota di antaranya adalah Kabupaten Fakfak, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Manokwari, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Maybrat, Kabupaten Pegunungan Arfak.

Kemudian, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Sorong, Kota Sorong, Kabupaten Teluk Wondama, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Tambrauw, dan Kabupaten Sorong Selatan.

Sementara, provinsi yang memiliki jumlah pulau paling sedikit adalah Bengkulu yang hanya memiliki 10 pulau saja. 

Di sisi lain, Papua menjadi provinsi terluas yang mencapai 16,64 persen dibandingkan total luas wilayah Indonesia. Luas Papua pun mencapai 480 kali luas DKI Jakarta. 

Baca Juga: Jadi kontributor pertumbuhan terbesar, ekonomi Pulau Jawa anjlok dalam di kuartal II

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru