Jangan sampai salah, ini ketentuan pemilihan program studi UTBK-SBMPTN 2021

Senin, 29 Maret 2021 | 13:37 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Jangan sampai salah, ini ketentuan pemilihan program studi UTBK-SBMPTN 2021

ILUSTRASI. Jangan sampai salah, ini ketentuan pemilihan program studi UTBK-SBMPTN 2021. Surya/Ahmad Zaimul Haq

KONTAN.CO.ID -  Pendaftaran jalur UTBK-SBMPTN 2021 tiga hari lagi akan ditutup pada 1 April 2021. Siswa yang ingin mengikuti seleksi ini sebaiknya segera melakukan pendaftaran. 

Peserta SNMPTN yang dinyatakan lolos, tidak bisa lagi mendaftar jalur UTBK-SBMPTN 2021. Peserta yang terlanjur mendaftar, keikutsertaannya di SBMPTN tidak akan diproses dan biaya seleksi yang telah dibayarkan tidak bisa ditarik kembali.

Ada beberapa proses dalam kegiatan pendaftaran UTBK-SBMPTN seperti pengisian data diri, pemilihan jurusan, hingga unggah portofolio. 

Saat memilih program studi, Anda perlu memperhatikan beberapa ketentuan agar tidak salah saat memilih jurusan dan PTN. 

Mari simak ketentuan dalam memilih jurusan UTBK-SBMPTN 2021 di bawah ini agar tidak salah langkah.

Baca Juga: Cek 25 jurusan di Universitas Brawijaya yang punya daya tampung SBMPTN 2021 terbanyak

Tata cara pemilihan program studi dan unggah portofolio UTBK-SBMPTN 2021

Dilansir dari laman LTMPT, setelah menyelesaikan pengisian biodata dan simpan permanen, Anda akan berpindah ke halaman Memilih Program Studi. 

Siswa pemegang KIP Kuliah harus memilih PTN di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Peserta yang memilih PTN di bawah Kementerian Agama, KIP Kuliah-nya akan otomatis tidak berlaku. 

Peserta memilih PTN dan Program Studi untuk pilihan 1 yang tersedia pada daftar drop-down. Pastikan PTN dan program studi atau jurusan yang dipilih sudah sesuai dengan keinginan Anda. 

Lakukan langkah yang sama saat memilih PTN dan Program Studi untuk pilihan 2. Perhatikan apakah jurusan yang dipilih mewajibkan untuk menggungah portofolio atau tidak. 

Untuk jurusan yang mewajibkan unggah portofolio, siswa bisa memilih antara portofolio yang diunggah saat SNMPTN atau SBMPTN. 

Peserta bisa menggunakan portofolio yang sudah diunggah saat mendaftar SNMPTN dan tidak perlu lagi mengunggah ulang. Tekan tombol Lanjutkan jika sudah yakin menggunakan portofolio dari SNMPTN.

Pilih "Saya memilih portofolio SBMPTN" jika belum mengunggah portofolio saat SNMPTN. Perhatikan ketentuan jenis file yang perlu diunggah lalu pilih tombol anak panah ke atas yang ada di bawah kolom aksi. 

Setelah file portofolio diunggah, pilih tombol "Lanjutkan" untuk berpindah ke halaman Memilih Pusat UTBK. 

Jika program studi pilihan tidak mewajibkan unggah portofolio, Anda bisa langsung memilih tombol "Lanjutkan" untuk berpindah ke halaman Memilih Pusat UTBK. 

Baca Juga: Buat calon mahasiswa UGM, ini tahapan daftar ulang setelah lolos SNMPTN 2021

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru