Kelinci Tak Boleh Makanan Apa Saja, Yuk Pelajari!

Selasa, 26 April 2022 | 07:30 WIB Sumber: Rabbit Care Tips
Kelinci Tak Boleh Makanan Apa Saja, Yuk Pelajari!


KONTAN.CO.ID - Sebagai herbivora sejati, hewan kelinci lebih banyak mengonsumsi rerumputan sebagai makanan pokok. Selain itu, hewan kelinci juga boleh memakan makanan pendamping lain dari sayuran segar atau buah-buahan.

Namun, bukan berarti semua jenis makanan tersebut aman dikonsumsi olehnya. Anda perlu mengetahui bahwa ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi kelinci dan bahkan beracun untuknya. Dilansir dari Rabbit Care Tips, berikut jenis-jenis makanan yang beracun untuk kelinci.

Daun Kentang

Kentang memang bukan sumber makanan yang baik untuk kelinci karena mengandung pati yang sangat tinggi. Meski tidak beracun, kelinci tidak dapat mencernanya dengan baik. Selain kentang, daunnya juga tidak boleh dikonsumsi kelinci karena sama bahayanya.

Bawang-bawangan

Sama seperti hewan lainnya, kelinci juga tidak boleh diberikan bawang sebagai makanannya. Ini termasuk bawang merah, bawang putih, chives, dan bawang bombai. Bawang-bawangan dapat menyebabkan anemia hemolitik (kehilangan sel darah merah). Ini dapat menyebabkan pusing, lemah, dan akhirnya kematian.

Selada Iceberg

Selada memang bisa dikonsumsi kelinci. Namun, selada iceberg tidak sehat untuknya karena mengandung kimia berbahaya yang disebut lactucarium. Lactucarium biasanya tidak berbahaya dalam jumlah kecil, tetapi bila terlalu banyak, ini dapat menyebabkan diare dan kelemahan fisik. Kelinci yang masih muda sangat rentan dengan makanan ini.

Kembang Kol

Kembang kol adalah salah satu jenis sayuran, tetapi ini tidak baik untuk kelinci. Baik mentah atau dimasak, kembang kol dapat menyebabkan kembung parah pada kelinci.

Alpukat

Alpukat juga merupakan makanan yang berbahaya untuk kelinci. Ini karena alpukat mengandung senyawa beracun yang bernama persin. Jika kelinci menelan terlalu banyak persin, ini dapat menyebabkan masalah pernapasan dengan cepat. Kelinci juga akan mengalami gagal jantung hingga kematian untuk beberapa kasus yang fatal.

Baca Juga: Mendengarkan Musik Dapat Mengatasi Stres pada Hewan Peliharaan

Biji Buah-Buahan

Ada banyak buah-buahan yang bisa dikonsumsi kelinci. Salah satunya adalah apel. Akan tetapi, biji apel mengancung senyawa amygdalin yang dapat terurai menjadi hydrogen sianida bila bersentuhan dengan enzim pencernaan. Sementara itu, ada beberapa biji buah lain yang jangan sampai tertelan oleh kelinci, seperti biji apricot, biji persik, dan plum.

Buah Cokelat

Buah cokelat mengandung 2 jenis methylxanthines yang berbahaya, yakni teobromin dan kafein. Jika kelinci memakan buah cokelat atau cokelat yang sudah diolah, akan menyebabkan reaksi keracunan yang parah pada beberapa kelinci. Gejala keracunan ini seperti diare, gelisah, menggeliar, gemetar, dan terengah-engah. Kelinci mungkin juga akan mengalami demam.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru