Keren! Lewat situs ini Anda bisa melihat kondisi daratan Bumi di masa lampau

Selasa, 01 September 2020 | 12:57 WIB Sumber: foxnews
Keren! Lewat situs ini Anda bisa melihat kondisi daratan Bumi di masa lampau


PLANET BUMI - Pernahkah Anda membayangkan seperti apa kondisi daratan Bumi jutaan tahun yang lalu ? Lewat situsi ini, Anda bisa melihat kondisi Bumi pada masa lampau.

Berbagai informasi menyebutkan, Bumi telah berusia 4,54 miliar tahun. Hingga saat ini, sudah banyak perubahan yang terjadi di planet yang kita huni ini.

Faktor penyebab bencana alam seperti gempa bumi dan lain sebagainya juga membuat kondisi daratan berubah. 

Ambil contoh Indonesia, Pulau Jawa dan Sumatra dulunya menyatu. Namun, kemungkinan pada 431 Masehi, letusan Gunung Krakatau Purba memisahkan dua pulau besar di negara kita ini. 

Baca Juga: Tak terdeteksi, sebuah asteroid sebesar mobil mendekati Bumi

Begitu pula dengan semua daratan yang ada di dunia, mengalami hal yang sama. Tetapi, apakah Anda penasaran seperti apa kondisi Bumi jutaan tahun yang lalu?

Lewat situs ini Anda bisa melihat kondisi Bumi per 60 juta tahun lalu ke belakang. Mengutip FoxNews, situs ini didesain oleh Paleontologi asal California, Ian Webster.

"Peta ini diciptakan untuk memicu daya tarik, memberikan respect terhadap ilmuwan mengenai kondisi Bumi di masa lampau yang telah diteliti," ujar Webster.

Webster merancang situs peta interaktif ini meminjam model geologi dari ahli geologi dan paleografer Christopher Scotese.

Baca Juga: Spesies buaya raksasa purba ternyata sebesar bis dan memiliki gigi sebesar pisang

Situs keren ini bisa Anda akses lewat halaman: https://dinosaurpictures.org/ancient-earth/#20. Saat membuka situs tersebut, Anda bisa memilih untuk menjelajahi kondisi Bumi puluhan hingga ratusan juta tahun lalu.

Pada menu "Jumps to... " memungkinkan Anda mengunjungi zaman tertentu yang ada di sejarah. Misalnya, Jurassic, Triassic, hingga jaman kepunahan Dinosaurus.

Seperti berhadapan dengan globe di layar laptop atau komputer, Anda juga bisa memutar Bumi ke arah yang diinginkan. Anda bisa menunjukan situs ini bersama anak-anak sembari belajar melihat kondis Bumi masa lampau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru