Mengenal 9 tipe kecerdasan manusia, Anda masuk tipe yang mana?

Jumat, 04 Juni 2021 | 11:33 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Mengenal 9 tipe kecerdasan manusia, Anda masuk tipe yang mana?

ILUSTRASI. Mengenal 9 tipe kecerdasan manusia, Anda masuk tipe yang mana?

KONTAN.CO.ID -  Ada sebagian orang yang pandai dalam mata pelajaran matematika, namun ada juga yang sangat mahir membuat lukisan yang indah. Hal ini disebabkan oleh kecerdasan tiap orang berbeda satu dengan yang lainnya. 

Kecerdasan manusia, bersumber dari Instagram Pusat Data dan Informasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Pusdatin Kemendikbud Ristek), dibagi menjadi 9 tipe. 

Munculnya pembagian kecerdasan ini pertama kali diperkenalkan oleh Howard Gardner dari Harvard University. Istilah dari macam-macam kecerdasan inia dalah kecerdasan majemuk atau multiple intelligences. 

Karena memiliki beragam jenis, kecerdasan seseorang tidak bisa diukur dari satu aspek saja. Karenanya tidak ada kecerdasan yang paling unggul diantara kecerdasan lainnya. 

Adanya kecerdasan majemuk ini membuat cara belajar hingga evaluasi belajar juga beragam sesuai dengan kecerdasan seseorang. 

Apa saja tipe kecerdasan yang dimiliki manusia? Simak daftarnya berikut ini yang dirangkum dari Instagram (Pusdatin Kemendikbud Ristek.

Baca Juga: Cermati alur mendaftar SIMAK UI 2021 dan biaya UKT jalur mandiri, terakhir 9 Juni

9 Jenis kecerdasan pada manusia

  • Kecerdasan verbal-linguistik

Jenis kecerdasan ini berkaitan dengan kata-kata, baik itu tulisan maupun secara lisan.  

Orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya pandai dalam mengolah kata-kata sehingga mudah untuk disampaikan kepada orang lain. 

  • Kecerdasan logika matematika

Anda mahir mengerjakan soal-soal matematika? Mungkin Anda memiliki kecerdasan logika matematik. 

Kecerdasan ini mengacu pada kemampuan mengolah angka dan atau kemahiran menggunakan logika. Anak-anak yang memiliki kecerdasan logika matematika biasanya unggul dalam pelajaran yang berhubungan dengan angka seperti matematika atau fisika. 

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru