Mengenal Asteroid 2022 AA yang Akan Mendekati Bumi Bulan Depan, Apa Dampaknya?

Selasa, 25 Januari 2022 | 11:42 WIB   Penulis: Arif Budianto
Mengenal Asteroid 2022 AA yang Akan Mendekati Bumi Bulan Depan, Apa Dampaknya?

PLANET BUMI - Mengenal asteroid 2022 AA yang akan mendekati Bumi bulan depan. Memiliki lebar 43 meter, asteroid 2022 AA ini dilaporkan oleh Purple Mountain Observatory of the Chinese Academy of Sciences yang berbasis di Nanjing, Provinsi Jangsu Timur, China.

Asteroid 2022 AA ini pertama kali ditemukan di observatorium pada 1 Januari 2022. Dikutip dari CGTN, Minor Planet Center di bawah International Astronomical Union mengkonfirmasi penemuan asteroid dan menetapkannya dengan nama 2022 AA.

Sementara itu, stasiun pengamatan di Amerika Serikat dan Chili sejak saat itu terus mengawasi asteroid yang berada di dekat Bumi ini.

Ilustrasi Asteroid dekati Bumi

Apakah asteroid ini berbahaya? Berapa ukurannya? Yuk cari tahu tentang asteroid 2022 AA ini.

Baca Juga: Mulai 25 Januari 2022, di Beberapa Wilayah Indonesia Matahari Terbenam Lebih Lambat

1. Asteroid pertama di dekat Bumi yang ditemukan tahun 2022

Beberapa sumber mengatakan bahwa asteroid yang akhirnya dinamakan 2022 AA ini merupakan pertama yang mendekati Bumi di tahun 2022.

Ini juga dikonfirmasi oleh Minor Planet Center yang berada di bawah naungan International Astronomical Union.

2. Lebarnya diperkirakan 43 meter atau setara setengah lapangan sepak bola

Asteroid 2022 AA memiliki ukuran dengan lebar diperkirakan mencapai 43 meter. Lebarnya ini kurang lebih setengah lapangan sepak bola.

Ukuran lapangan sepak bola sendiri umumnya memiliki panjang 90 - 120 meter.

3. Mendekati Bumi bulan Februari

Menurut proyeksi Observatorium China, asteroid 2022 AA ini akan terbang mendekati Bumi pada 4 Februari 2022 mendatang. Zhao Haibin, selaku kepala ilmuwan program Obzervatorium Near-Earth Object Telescope dikutip dari CGTN mengatakan bahwa jarak terdekatnya dengan Bumi 2,55 juta kilometer (km).

Sementara itu informasi tambahan dari peneliti BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional), Andi Pangerang selaku Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN menambahkan bahwa asteroid tersebut meluncur dengan kecepatan 13.200km/jam saat melintas di dekat Bumi.

4. Tidak menimbulkan ancaman bagi Bumi

Menurut peneliti Zhao, karena jarak asteroid 2022 AA dengan Bumi sekitar 2,55 juta kilometer (km) itu tidak menimbulkan ancaman bagi Bumi.

Sementara itu, Humas BRIN mengungkapkan bahwa asteroid 2022 AA akan melintas di dekat Bumi secara aman dan tidak berbahaya bagi manusia.