Mengenal Pengelompokan Golongan Darah Manusia & Pentingnya Mengetahui Golongan Darah

Kamis, 19 Januari 2023 | 16:03 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Mengenal Pengelompokan Golongan Darah Manusia & Pentingnya Mengetahui Golongan Darah

ILUSTRASI. Mengenal Pengelompokan Golongan Darah Manusia & Pentingnya Mengetahui Golongan Darah. FOTO ANTARA/Dwi Prasetya/09.


KONTAN.CO.ID -  Anda pasti sudah mengetahui bahwa setiap orang memiliki golongan darah yang berbeda-beda. Untuk mengetahui golongan darah, Anda bisa mengeceknya di tempat pelayanan kesehatan seperti puskesmas.  

Tidak hanya manusia, hewan seperti anjing dan kucing juga memiliki golongan darah mereka masing-masing. Untuk mengetahui golongan darah hewan, bisa dicek di klinik hewan atau di dokter hewan.

Penggolongan darah ditemukan oleh ilmuwan Austria, Karl Landsteiner. Dikutip dari Web MD, sistem ini ditemukan Landsteiner tahun 1901. 

Baca Juga: 6 Peluang Kerja Lulusan Sastra Indonesia yang Menjanjikan selain Guru dan Dosen

Sebelumnya banyak orang meninggal karena transfusi darah yang tidak sesuai golongannya. Hal ini disebabkan oleh pemahaman jika darah manusia sama. 

Golongan darah adalah klasifikasi darah pada manusia. Golongan darah manusia berbeda-beda sesuai dengan gen yang dibawa dari orang tua. 

Molekul protein juga menjadi faktor yang membuat golongan darah berbeda. Molekul protein tersebut disebut antigen dan antibodi. 

Antigen terdapat di permukaan sel darah merah. Sedangkan antibodi adalah basis dari plasma darah. Kombinasi dua protein ini menjadi dasar pengelompokan golongan darah. 

Penentuan golongan darah

Ada dua sistem yang digunakan untuk menentukan golongan darah. Dua sistem tersebut adalah: Sistem ABO dan Rhesus (Rh).

tabel golongan darah

Baca Juga: Lowongan Kerja Pamapersada 2023, Fresh Graduate Minimal D3 Bisa Daftar

Sistem ABO, dilansir dari NHS, mengelompokkan darah menjadi 4 kelompok diantaranya:

  • Golongan darah A: Memiliki antigen A dan antibodi anti-B
  • Golongan darah B: Memiliki antigen B dan antibodi anti-A
  • Golongan darah O: Tidak memiliki antigen, tetapi memiliki antibodi anti-A dan anti-B
  • Golongan darah AB: Memiliki antigen A dan B, tapi tidak memiliki antibodi.

Sistem Rh merupakan pengelompokan sesuai dengan RhD antigen sel darah merah. RhD antigen memiliki 2 jenis: positif dan negatif. 

Pengelompokan menggunakan sistem Rh membagi golongan darah menjadi 8, diantaranya:

  • A RhD positif (A+)
  • A RhD negatif (A-) 
  • B RhD positif (B+)
  • B RhD negatif (B-)
  • O RhD positif (O+)
  • O RhD negatif (O-)
  • AB RhD positif (AB+)
  • AB RhD negatif (AB-)

Pentingnya mengetahui golongan darah

Mengetahui golongan darah Anda sangat penting. Jika terjadi kecelakaan, pihak rumah sakit bisa memberikan transfusi darah yang sesuai dengan golongan darah. 

Memberikan transfusi darah ke bukan golongannya beresiko sangat tinggi. Misal golongan darah A diberikan pada golongan darah B. 

Baca Juga: Jenis-Jenis Karbohidrat yang Dibutuhkan Tubuh, Manfaat, dan Sumber Makanan

Anti-A pada golongan darah B akan menolak darah golongan A. Kemudian akan terjadi penggumpalan dalam darah. Penggumpalan ini bisa mengakibatkan kematian.

Transfusi darah ke golongan darah yang sama sangat disarankan. Tetapi ada kasus khusus dimana darah bisa di transfusi ke banyak golongan darah lainnya. 

Golongan darah O- bisa di donorkan ke semua golongan darah saat keadaan penting. Hal ini disebabkan karena golongan darah O- tidak memiliki antibodi A dan B.

Namun tindakan transfusi antar golongan darah ini hanya dilakukan saat keadaan yang benar-benar genting. 

Karena golongan darah berbeda, masyarakat percaya jika karakteristik seseorang bisa ditentukan dengan golongan darahnya.

Sudah banyak yang membahas mengenai orang bergolongan darah A, B, O, dan AB. Banyak masyarakat percaya jika golongan darah A memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat. Sedangkan golongan darah AB memiliki pribadi yang unik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru