Mengenal Prinsip Dasar Feng Shui, Termasuk Komponen 5 Elemen dan Peta Bagua

Jumat, 29 Juli 2022 | 11:04 WIB   Penulis: Arif Budianto
Mengenal Prinsip Dasar Feng Shui, Termasuk Komponen 5 Elemen dan Peta Bagua

ILUSTRASI. Mengenal Prinsip Dasar Feng Shui, Termasuk Komponen 5 Elemen dan Peta Bagua


KONTAN.CO.ID - Mengenal prinsip dasar Feng Shui, termasuk komponen 5 elemen dan peta Bagua. Buat Anda yang mungkin ingin mengenal Feng Shui atau bahkan menerapkannya di dalam rumah, yuk simak informasi menarik berikut ini.

Melansir Prestigeonline, rumah Anda adalah kunci kebahagiaan Anda sendiri. Apakah Anda berpikir demikian?

Rumah yang didandani sedemikian rupa dapat melakukan keajaiban dalam hal menenangkan syaraf Anda dan meningkatkan suasana hati. Lalu, bagaimana mengatur rumah Anda sedemikian rupa supaya sesuai dengan aturan Feng Shui?

National Geographic menjelaskan bahwa Feng Shui sebagai "seni Tiongkok kuno yang menata bangunan, benda dan ruang dalam suatu lingkungan untuk mencapai keselarasan dan keseimbangan dengan cara yang akan membawa kedaimaian dan kemakmuran."

Jika Anda ingin hunian mengantarkan hal-hal positif dan kebahagiaan, Feng Shui mungkin dapat menjadi solusi cepat untuk hal tersebut.

Feng Shui sendiri berarti "jalan angin dan air". Ini berakar kembali ke Taoisme awal tetapi telah ebrhasil tidak hanya mempertahankan popularitasnya tetapi juga menyebarkan cabangnya di luar Cina ke banyak negara lainnya di seluruh dunia.

Berikut dasar prinsip Feng Shui dan komponen pendukungnya yang dapat Anda ketahui.

Baca Juga: Berawal dari Kamar Tidur, Ini Tips Feng Shui untuk Karir dan Keuangan Anda

Interior dapur mewah dengan marmer

Dasar Feng Shui

Praktek Cina kuno ini berasal dari konsep Tao chi yang berarti kekuatan hidup, ini berada di dalam setiap entitas. Chi terbentuk ketika dua kekuatan yang berlawanan dan saling melengkapi, yaitu yin dan yang.

Yin mewakili energi feminin dan sering dikaitkan dengan malam hari, kesejukan dan ketenangan. Sedangkan Yang adalah energi pelengkap maskulin yang diwakili oleh matahari, keramahan dan panas.

Nah, Feng Shui ini adalah tentang menyeimbangkan dua energi ini secara harmonis, dengan membangun struktur, mengatur furnitur dan barang-barang untuk dekorasi lainnya dengan cara meningkatkan aliran chi positif dan menjauhkan yang negatif.

Menurut orang Cina kuno, chi positif juga membantu menjauhkan penyakit, meningkatkan hubungan interpersonal dan memastikan keberuntungan seseorang.

Setelah mengenal dan mengetahui Feng Shui, berikut ini komponen 5 elemen dan peta Bagua yang melengkapi.

Baca Juga: Tips Feng Shui untuk Mendatangkan Cinta, Mulai dari Mengatur Kamar Tidur

Komponen Feng Shui

Feng Shui membagi dunia menjadi lima komponen yang berupa elemen. Berikut 5 elemen Feng Shui yang dapat Anda ketahui:

  1. Kayu mewakili kreativitas dan pertumbuhan
  2. Api mewakili kepemimpinan dan keberanian
  3. Bumi atau tanah menunjukkan kekuatan dan stabilitas
  4. Logam menandakan fokus dan ketertiban
  5. Air melambangkan emosi dan inspirasi

Dengan memanfaatkan lima elemen tersebut, dapat memastikan chi positif dan menyeimbangkan aliran energi alami.

Untuk membuat keseimbangan energi lebih mudah, ahli Feng Shui cina menemukan alat yang dikenal sebagai peta Bagua. Peta bagua ini menggambarkan sebuah ruangan yang dibagi menjadi tiga kali tiga.

Peta Bagua menampilkan banyak area yang menggambarkan, seperti kesehatan, karier, kehidupan pribadi, dan yang lainnya. Anda juga dapat menghubungkan area-area ini dengan ruangan yang ada di rumah Anda.

Misalnya, Anda ingin mendapatkan keberuntungan dan karier di kamar tidur, pastikan ruangan tersebut berada di tempat yang tepat sesuai yang tampil di peta Bagua.

Nah, apabila Anda sudah memahami Feng Shui, termasuk komponen pendukungnya, pantengin terus Kontan.co.id untuk mendapatkan tips menarik seputar Feng Shui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru