Mengenal singular dan plural nouns beserta penggunaan dan contohnya

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:21 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Mengenal singular dan plural nouns beserta penggunaan dan contohnya

ILUSTRASI. Mengenal singular dan plural nouns beserta penggunaan dan contohnya. REUTERS/Peter Nicholls

KONTAN.CO.ID - Noun atau kata benda merupakan salah satu materi penting yang dipelajari dalam bahasa Inggris. Ada beberapa jenis noun yang perlu Anda pahami, yakni singular, plural, dan irregular nouns.

Di dalam bahasa Inggris, kata benda atau noun dibedakan menjadi singular, plural, dan irregular nouns. Kata benda tersebut digunakan berdasarkan jumlah benda yang diinformasikan. 

Noun tidak terpengaruh dengan keterangan waktu, jadi tidak berubah meski masuk dalam kalimat lampau, sekarang, dan masa depan. 

Karenanya, noun hanya akan berubah penggunaannya saat jumlah benda berubah dan bukan karena waktu benda tersebut disebutkan dalam kalimat.

Baca Juga: Mudah download video TikTok tanpa watermark dan tanpa aplikasi pakai 3 cara ini

Singular nouns

Singular noun adalah kata benda menunjukkan benda yang berjumlah satu. Artinya, bentuk ini dipakai untuk menjelaskan benda tunggal atau berjumlah satu.

Kata benda ini biasanya diawali dengan penggunaan article "a, an, the". Contohnya:

  • He has a dog at home
  • I found an apple yesterday

Awalan "a" digunakan untuk benda-benda yang saat diucapkan terdengar berawalan huruf konsonan. Sedangkan "an" digunakan untuk benda-benda yang saat diucapkan terdengan berawalan huruf vokal.

Contoh, "university". Secara tertulis kata ini memang berawalan huruf vokal yaitu "U", namun saat diucapkan, "university" terdengar memiliki awalan "Y". Karenanya, university menggunakan awalan "a" bukan "an".

Baca Juga: Download video YouTube tanpa aplikasi pakai 3 cara ini, ada banyak pilihan resolusi

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru