Menilik kekuatan F-35, tahan suhu panas layaknya pesawat ulang-alik

Senin, 13 Juli 2020 | 15:12 WIB   Penulis: Wahyu Eko Saputra
Menilik kekuatan F-35, tahan suhu panas layaknya pesawat ulang-alik

ILUSTRASI. Sebuah pesawat tembur F-35B Lightning II dengan Marine Medium Tiltrotor Squadron (VMM) 265 (Reinforced), 31th Marine Expeditionary Unit (MEU), bersiap untuk mendarat di dek penerbangan kapal serbu amfibi USS America (LHA 6) selama operasi penerbangan di L


TEKNOLOGI - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) menyetujui penjualan 105 pesawat tempur F-35 buatan Lockheed Martin ke Jepang. Total nilainya mencapai US$ 23 miliar.

"Sangat penting bagi kepentingan nasional AS untuk membantu Jepang dalam mengembangkan dan mempertahankan kemampuan pertahanan diri yang kuat dan efektif," kata Departemen Luar Negeri AS seperti dikuti Reuters, Jumat (10/7).

Melansir BT, Lockheed Martin mengklaim F-35 sebagai pesawat tempur terbaik ketika mengudara. Kemampuannya pun terbilang lengkap. Tak heran, banyak negara mulai melirik F-35 sebagai aset untuk memperkuat wilayah perbatasan atau operasi militer.

F-35 terbilang sangat memanjakan pilot dengan berbagai fitur yang tersedia. Terlebih, F-35 merupakan produk pertahanan dunia, di mana beberapa negara besar turut campur dalam pengembangannya.

Baca Juga: Departemen Luar Negeri AS menyetujui penjualan F-35 senilai US$ 23 miliar ke Jepang

Sebut saja, Inggris dan AS yang begitu besar perannya dalam membangun proyek pesawat tempur tersebut. Alhasil, proyek itu menciptakan pesawat serang yang mampu beroperasi dari darat dan laut. 

Pesawat tempur tersebut memiliki tiga jenis: F-35A, F-35B, dan F-35C. Detailnya, F-35A ialah model pesawat tempur yang lepas landas dan mendarat seperti kapal terbang umumnya.

Lalu, F-35B mampu mendarat secara vertikal. Sedang F-35C memiliki sayap lebih besar dan roda pendaratan kokoh. Sehingga, bisa ditempatkan di kapal induk yang memungkinkan lepas landas dengan fitur ketapel.

Keunggulan F-35, misalnya, mampu melesat dengan kecepatan 1.119 mph, dapat membawa beban 15.000 lb, dan memiliki jangkauan terbang 900 mil. Lebih hebatnya lagi, pesawat ini bisa menahan suhu panas layaknya pesawat ulang-alik.

Baca Juga: Mengenal V-22 Osprey, pesawat tempur yang akan Indonesia beli

F-35B, yang dapat mendarat secara vertikal, cukup menjadi primadona bagi sebagian besar pembelinya. Kemudahan dalam hal mendarat menjadikan selling point, karana fitur tersebut belum banyak dimiliki pesawat tempur lain.

Keunggulan F-35 lainnya adalah teknologi pemantau radar musuh. Teknologi ini untuk menghindari jangkauan radar musuh dalam misi penyerangan serta pendeteksian ancaman darat dan udara.

"Ini adalah pesawat yang luar biasa dan kuat. Saya tak menyangka mengenai ini. Jika pesawat F-35 dibawa ke medan pertempuran, jelas ini akan sangat kuat," ungkap Andy Edgell, Pemimpin Skuadron Royal Air Force.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu Eko Saputra

Terbaru