Menyantap mi instan 2 porsi sekaligus bisa berbahaya bagi tubuh!

Minggu, 07 November 2021 | 13:00 WIB   Reporter: Christ Penthatesia
Menyantap mi instan 2 porsi sekaligus bisa berbahaya bagi tubuh!


KONTAN.CO.ID - Mie instan telah menjadi salah satu makanan yang praktis dan mudah untuk dibuat. Mie instan yang dijual di pasaran umum biasanya telah memiliki porsi masing masing dalam kemasannya.

Terkadang porsi yang dirasakan saat memakan mie instan terasa kurang. Sehingga kebiasaan untuk mengkonsumsi mie instan dalam porsi lebih sering dijadikan alternative.

Mengkonsumsi mie instan dalam dua porsi atau lebih sekaligus ternyata memiliki dampak buruk bagi tubuh. Walaupun menjadi pemuas rasa lapar ternyata dua porsi atau lebih mie instan yang dikonsumsi bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Baca Juga: Pasukan cadangan Taiwan diwajibkan berlatih lebih keras demi bersiap hadapi China

Kandungan gizi tertinggi yang ada pada mie instan adalah natrium. Kurang lebih terdapat 1070mg natrium yang terkandung pada satu porsi mie instan. 

WHO menyarankan agar konsumsi natrium tak melebihi 2000mg dalam sehari. Jika mengkonsumsi dua porsi mie instant maka tubuh akan mendapatkan natrium lebih dari 2000mg dalam satu hari. 

Masalah gangguan kesehatan akan lebih rentan terjadi apabila tubuh mengkonsumsi lebih dari 2000mg natrium dalam sehari. 

Ketika kondisi natrium tinggi dalam tubuh maka ginjal akan membuang sisa natrium melalui urin. Namun ginjal memiliki kapasitas untuk bisa membuang sisa natrium dalam bentuk urin. 

Baca Juga: Cek harga motor bekas Yamaha Nmax keluaran awal per November 2021

Jika ginjal sudah tak mampu menahan sisa natrium dalam tubuh, maka sisa natrium tersebut akan menumpuk dalam tubuh dan darah.

Natrium yang menumpuk pada darah akan menarik dan menahan cairan yang ada pada aliran darah. Yang mengakibatkan meningkatnya volume darah dalam tubuh.

Hal tersebutlah yang kemudian memicu jantung untuk bekerja lebih keras dan memicu kenaikan pada tekanan darah. Yang biasa disebut dengan hipertensi.

Resiko hipertensi ini akan mulai terasa pada jangka panjang. Hipertensi juga dapat memicu munculnya komplikasi penyakit lain seperti penyakut jantung, stroke, hingga penyakit ginjal.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi Rice Cooker Low Carbo Terbaik, Cocok untuk Menemani Diet

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru