Pelajar perlu tahu, berikut 4 cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif

Kamis, 26 November 2020 | 19:40 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Pelajar perlu tahu, berikut 4 cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif


KONTAN.CO.ID - Seiring berkembangnya zaman, banyak kemampuan yang dicari di dunia kerja. Salah satunya adalah berpikir kreatif.

Bersumber dari Indeed.com, kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan untuk menghasilkan ide baru yang original. 

Kemampuan ini penting dimiliki dan akan sangat dibutuhkan saat mencari kerja kelak. Karenanya, pelajar perlu mengasah kemampuan ini sedini mungkin.

Ada beragam manfaat yang bisa didapat jika memiliki kemampuan berpikir kreatif. Salah satunya adalah mampu mengambil solusi yang orisinil dan baru.

Dengan berpikir kreatif, Anda bisa mengembangkan solusi yang baru untuk suatu masalah. Solusi tersebut bisa saja tidak pernah terpikirkan sebelumnya. 

Kemampuan ini membutuhkan kemampuan problem solving yang baik. Selain itu pekerja juga membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik untuk menyelesaikan masalah. 

Baca Juga: Cara belajar lebih efektif dengan metode mind mapping, cocok untuk belajar apapun

Kemampuan berpikir kreatif bisa dilatih agar terus berkembang. Dihimpun KONTAN.co.id dari Inc. dan Indeed.com, berikut cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif:

  • Keluar dari zona nyaman

Lingkungan sangat memengaruhi cara berpikir seseorang. Jika seseorang sudah nyaman di satu lingkungan, tidak jarang dia akan stuck dengan lingkungan tersebut. 

Imbasnya, apa yang dia dapat hanya berputar pada lingkungan atau zona nyaman tersebut. 

Agar pola pikir Anda lebih bervariasi, cobalah untuk keluar dari zona nyaman. Awalnya mungkin Anda akan kesulitan untuk beradaptasi, tetapi hal ini bisa membantu untuk mengembangkan cara berpikir kreatif. 

Jika mendapatkan sebuah masalah, Anda bisa mulai mencari jawaban di luar lingkungan pertemanan. 

Cara ini bisa memperkaya cara Anda melihat suatu masalah. Efeknya, Anda mendapatkan beragam opsi pemecahan masalah dari banyak sudut pandang. 

Baca Juga: Tips melatih motorik halus anak dengan permainan menyenangkan

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru