Perusahaan asal Jepang ciptakan robot pramuniaga, bisa dikendalikan dari jarak jauh

Senin, 31 Agustus 2020 | 11:20 WIB   Penulis: Arif Budianto
Perusahaan asal Jepang ciptakan robot pramuniaga, bisa dikendalikan dari jarak jauh

ILUSTRASI. Perusahaan asal Jepang ciptakan robot pramuniaga bisa dikendalikan jarak jauh


TEKNOLOGI - Canggih banget, Jepang menciptakan robot pramuniaga yang bisa dikendalikan jarak jauh. Seperti mengendalikan drone, robot canggih ini dikendalikan oleh orang dari tempat jauh.

Jepang menjadi negara dengan perkembangan teknologi yang luar biasa. Meski terkenal dengan produk otomotifnya, baik motor maupun mobil. Jepang juga berinovasi lewat teknologi robot yang semakin berkembang.

Baca Juga: Keren! Robot mungil ini bisa bergerak tanpa baterai

Mengutip dari Sorancews24.com, dalam beberapa tahun terakhir, Jepang tengah dilanda krisis tenaga kerja di toko swalayan. Ekspansi yang begitu masif juga membuat industri tersebut sulit untuk menemukan staff yang berkompeten. 

Berangkat dari situ, mereka cenderung memanfaatkan teknologi. Salah satunya lewat teknologi robot pramuniaga yang baru diciptakan ini.

Perusahaan toko swalayan Family Mart meminta bantuan perusahaan robot Japan Telexistence untuk mencitptakan robot pramuniaga. Robot pramuniaga ini bernama Model-T.

Robot ini dikendalikan dari jarak yang jauh memanfaatkan perangkat Virtual Reality bernama "Augmented Workforce Platform". 

Lewat video demo yang ditampilkan, terlihat orang yang mengendalikan dari jarak 8 Km. Sementara robotnya berada di toko swalayan hendak memasukan botol minuman ke lemari pendingin.

Meskipun robot ini dapat melakukan tugas sebagai pramuniaga, harus ada satu staff lagi yang mengurusi pelanggan.

Anda bisa melihat video-nya di bawah ini :

Kabarnya, tahun 2022 mendatang robot pramuniaga Model-T ini bakal di 20 toko swalayan Family Mart. Secara bertahap robot pramuniaga tersedia di toko swalayan Family Mart dengan berbagai peningkatan seiring dengan berjalannya waktu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru