Popok kain vs popok sekali pakai, ini plus minus yang perlu ibu ketahui

Senin, 21 Desember 2020 | 15:53 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Popok kain vs popok sekali pakai, ini plus minus yang perlu ibu ketahui

ILUSTRASI. Popok kain vs popok sekali pakai, ini plus minus yang perlu ibu ketahui.


KONTAN.CO.ID -  Banyak perdebatan mengenai popok kain vs popok sekali pakai. Sebelum memilih, Anda perlu memperhatikan plus dan minus dari dua jenis popok ini.

Ada dua jenis popok yang banyak digunakan di masyarakat: Popok kain dan popok sekali pakai. Dua jenis popok ini hadir dengan kelebihan dan kekurangannya. 

Ada banyak pendapat jika popok kain lebih baik dari popok sekali pakai. Hal ini dilihat dari segi kebersihan hingga biaya pembelian popok. Tapi semua itu kembali lagi pada kebutuhan Anda. 

Sebelum memilih, Anda harus paham tentang dua jenis popok bayi. Setelah tahu kelebihan dan kekurangannya, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan. 

Yuk simak plus dan minus dari popok kain vs popok sekali pakai yang dihimpun dari The Bump dan Todays Parent

popok kain vs popok sekali pakai

Popok kain

Popok kain dianggap sebagai popok terbaik untuk buah hati. Popok jenis ini lebih aman untuk kulit buah hati yang sensitif. 

Popok kain memiliki banyak varian bahan yang digunakan. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kulit bayi. 

Popok kain lebih hemat dibanding popok sekali pakai. Anda tidak perlu banyak membeli popok tiap bulannya. Popok kain bisa dicuci dan digunakan berkali-kali.

Baca Juga: Bisa ditiru, ini cara Warren Buffett mendidik anak biar pintar mengatur uang

Popok kain juga bisa digunakan lagi jika memiliki bayi lagi. Menggunakan popok kain lebih ramah lingkungan karena tidak membuat limbah. 

Salah satu pembeda dari popok kain vs popok sekali pakai adalah efisiensinya. 

Anda perlu meluangkan waktu ekstra untuk mencuci popok kain. Hal ini tentu lebih boros air dan listrik jika menggunakan mesin cuci. 

Bagi Anda yang sibuk, menggunakan popok kain menjadi tantangan tersendiri. Salah memakainya bisa membuat popok longgar dan bocor. 

Daya serap popok kain juga tidak begitu baik. Jika Anda senang berpergian, popok bayi sangat tidak disarankan dipakai. 

popok kain vs popok sekali pakai

Popok sekali pakai

Untuk orang tua yang sibuk, popok sekali pakai seperti penyelamat. Cara menggunakannya yang cepat dan mudah menjadi pertimbangan utama memilih popok ini. 

Anda tidak perlu repot-repot mencuci popok karena bisa langsung dibuang. Faktor ini bisa menghemat waktu, air, dan listrik Anda. 

Memilih popok sekali pakai yang tepat bisa membuat bayi nyaman. Daya serap yang tinggi membuat bayi lebih tenang. Tidak ada lagi popok bocor atau bayi rewel karena popok penuh. 

Perbedaan popok kain vs popok sekali pakai dilihat dari limbahnya. Limbah yang dihasilkan popok sekali pakai tidak bisa langsung di daur ulang.

Bahan di popok sekali pakai bisa memicu alergi. Maka dari itu Anda harus lebih teliti saat memilih merk popok sekali pakai. 

Penggunaan popok sekali pakai juga lebih boros. Harga popok sekali pakai lebih mahal dibanding popok kain. Anda juga harus selalu menyetok popok agar tidak kehabisan.

Selanjutnya: Catat! Ini jenis dan jadwal terbaru imunisasi 2020 dari IDAI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru