Sederet fakta menarik tentang kucing, kenali hewan peliharaan ini dengan baik

Rabu, 03 Februari 2021 | 21:00 WIB   Penulis: Mega Putri
Sederet fakta menarik tentang kucing, kenali hewan peliharaan ini dengan baik

KONTAN.CO.ID - Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan favorit yang populer. Banyak orang yang antusias memelihara kucing bahkan memiliki lebih dari satu ekor di rumah. 

Selebriti populer hingga tokoh-tokoh terkenal di dunia juga senang memelihara kucing. Namun, di balik tingkah lucu dan anehnya, kucing memiliki sederet fakta menarik. 

Ada beberapa hal tentang kucing yang mungkin belum Anda ketahui hingga saat ini. Nah, di bawah ini adalah beberapa fakta menarik tentang kucing: 

Jumlah tulang

Situs Cats International menyebutkan, kucing memiliki jumlah tulang yang lebih banyak dari manusia. Kucing memiliki sekitar 244 tulang, sedangkan manusia memiliki 206 tulang. Jantung kucing juga berdetak 2 sampai 3 kali lebih cepat dari manusia.

Baca Juga: Aktris serial WandaVision ini tidak yakin akan muncul di film Thor: Love and Thunder

Telinga kucing

Menurut Cats International, kucing memiliki 32 otot di telinganya, jauh lebih banyak dari otot telinga manusia yang berjumlah 6 saja. Telinga kucing juga dapat berputar 180 derajat. 

Simak beberapa fakta menarik tentang kucing.

Indra pendengaran dan penglihatan

Melansir Purina, rata-rata pendengaran kucing 5 kali lebih tajam dari manusia dewasa. Kucing sangat sensitif pada suara sehingga bisa mendengar suara yang tidak ditangkap telinga manusia. Kucing juga bisa melihat sesuatu di tempat dengan pencahayaan sangat rendah.

Sering menjilati tubuh

Kucing adalah hewan yang tidak suka air. Namun, mengutip situs Mental Floss, kucing menghabiskan 30 hingga 50 persen waktunya dalam sehari untuk membersihkan diri dengan menjilati tubuh. 

Aktivitas ini membuat mereka lebih tenang, membantu peredaran darahnya, membersihkan bulu agar tetap hangat hingga mengurangi bau agar tidak mudah tercium predator lain. Air liur kucing juga memiliki kandungan untuk menyembuhkan luka.

Baca Juga: Deretan film Indonesia terbaru di Netflix yang akan tayang Februari 2021

Editor: Mega Putri
Terbaru