Sejarah Hari Musik Sedunia, Makna, dan Cara Merayakannya pada 21 Juni 2023

Senin, 19 Juni 2023 | 12:30 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Sejarah Hari Musik Sedunia, Makna, dan Cara Merayakannya pada 21 Juni 2023

ILUSTRASI. Sejarah Hari Musik Sedunia 2023.


HARI PENTING - Fête de la Musique atau Hari Musik Sedunia dirayakan setiap tanggal 21 Juni  pada tanggal 21 Juni untuk menghormati para musisi dan penyanyi atas kontribusi mereka di industri musik. Sejarah Hari Musik Sedunia pertama kali dirayakan sebagai Fête de la Musique di Prancis pada tahun 1982. 

Dirangkum dari laman CNBC.com, Menteri Seni dan Budaya Prancis saat itu, Jack Lange dan Maurice Fleuret yang merupakan seorang komposer Prancis, memulai Fête de la Musique.

Pada waktu itu Fête de la Musique atau festival musik diadakan di jalanan Paris. Keduanya mengamati bahwa konser musik belum bisa mengakomodir para musisi pemula dan amatir. 

Kemudian, keduanya bekerja sama dengan arsitek-skenografi Christian Dupavillon untuk mengumpulkan musisi amatir dan profesional di jalanan.

Baca Juga: 25 Ucapan Hari Musik Sedunia 2023 yang Diperingati 21 Juni, Cocok Jadi Caption

Konser musik jalanan 21 Juni 1982

Konser musisi jalanan tersebut berlangsung pada 21 Juni 1982 di beberapa lokasi publik di Paris. Konser tersebut diikuti oleh musisi profesional maupun amatir dari pelosok Prancis. 

Sejak itu, festival ini menjadi fenomena internasional dirayakan pada hari sama di lebih dari 700 kota di 120 negara, termasuk India, Jerman, Italia, Yunani, Rusia, Australia, Peru, Brasil, Ekuador, Meksiko, Kanada, Amerika Serikat.

Pada 1997, sebuah piagam ditandatangani di Budapest. Sejak itu, hari tersebut diperingati secara internasional sebagai Hari Musik Dunia.

Baca Juga: Asal Nama Jakarta: dari Jayakarta, Batavia, hingga Jakarta

Cara merayakan Hari Musik Sedunia 2023 

Sejarah Hari Musik Sedunia

Sementara itu, cara merayakan Hari Musik Sedunia 2023: 

1. Pelajari instrumen

Cara merayakan Hari Musik Sedunia 2023 bisa dengan mempelajari instrumen musik baru. Baik belajar mandiri melalui YouTube maupun dengan kursus. 

Baca Juga: Bisa Dicoba di Rumah, Ini 5 Manfaat Senam SKJ untuk Kesehatan Tubuh

2. Ciptakan musik buatan sendiri

Jika kalian belum bisa memainkan alat musik, maka ambil beberapa benda di rumah seperti sendok maupun panci dan mulailah bermain musik secara bebas. Perlu diketahui bahwa musik bisa menjadi terapi. 

3. Temukan artis dan genre baru 

Jelajahi Spotify, YouTube, atau layanan streaming musik lainnya untuk menemukan genre maupun artis baru diluar yang biasa Anda dengarkan dan menjadi favorit Anda.

Baca Juga: Rangkul K-Popers & K-Drama Lovers, Pop Ice Hadirkan K-Pop Ice Universe di JakartaFair

Makna Hari Musik Sedunia 2023 

Dikutip dari The Quint, berikut ini adalah makna penting dari perayaan Hari Musik Sedunia bagi kehidupan musisi di seluruh dunia: 

  • Hari Musik menyediakan platform bagi semua musisi profesional dan non-profesional untuk menunjukkan bakat mereka. 
  • Musisi diperbolehkan untuk tampil di tempat umum seperti jalan, gang, jalan raya, taman, beranda dan sebagainya. Hal ini meningkatkan kepercayaan diri mereka dan juga memotivasi musisi muda untuk memilih musik sebagai karier. 
  • Musik adalah terapi yang bagus untuk pikiran, tubuh, dan jiwa. Hari musik mengingatkan orang untuk meluangkan waktu dari jadwal sibuk mereka dan menenangkan pikiran, tubuh, dan jiwa mereka.
  • Menjelang Hari Musik, mendengarkan musik dari mana saja memberikan pengalaman nyata bagi orang-orang.

Demikian sejarah Hari Musik Sedunia 2023, cara merayakannya, dan makna Hari Musik Sedunia 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru