Tak Hanya Ibu Hamil, Ini 4 Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan Pria Dewasa

Selasa, 05 Desember 2023 | 12:26 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Tak Hanya Ibu Hamil, Ini 4 Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan Pria Dewasa

ILUSTRASI. Tak Hanya Ibu Hamil, Ini 4 Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan Pria Dewasa


KESEHATAN - JAKARTA. Simak manfaat asam folat untuk pria dewasa. Konsumsi salah satu jenis vitamin B ini tidak hanya penting untuk wanita maupun ibu hamil.

Asam folat menjadi salah satu sumber vitamin B9 yang penting untuk perkembangan sel dan organ termasuk fertilitas pria dewasa.

Selain itu, banyak makanan yang diperkaya dengan asam folat, dan suplemen asam folat juga sering direkomendasikan dalam situasi tertentu.

Informasi terkait pentingnya konsumsi asam folat bagi Pria wajib Anda pahami mulai dari takaran, gejala kekurangan folat, hingga manfaatnya.

Baca Juga: Ini 8 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

Takaran Asam Folat untuk Pria

Kesuburan laki-laki

NHS merekomendasikan orang dewasa membutuhkan 200 mikrogram folat setiap hari. Kenyataannya, tidak semua orang mendapatkan jumlah yang dibutuhkan dari makanannya.

Sehingga, meskipun pola makan yang sehat dan seimbang adalah awal yang baik, ada beberapa hal yang menyebabkan mendapatkan asam folat yang direkomendasikan dari makanan tidak selalu mudah.

Misalnya, meskipun Anda merencanakan makanan dengan cermat sehingga mendapatkan dosis folat yang baik, konsumsi alkohol maupun obat dapat mengganggu penyerapan vitamin B ini oleh tubuh.

Gejala asam folat rendah pada pria

Sulit untuk mengetahui apakah Anda perlu menambah asupan vitamin ini. Beberapa gejala umum kekurangan asam folat pada pria antara lain

  • Kurangnya energi hingga kelelahan yang parah.
  • Adanya gejala sesak napas dan perasaan ingin pingsan dan sakit kepala.
  • Perubahan indera perasa dan kelemahan otot.

Jika Anda menduga Anda kekurangan folat, konsultasikan dengan dokter Anda yang dapat memberi saran tentang dosis asam folat yang tepat untuk keadaan pribadi Anda.

Baca Juga: Paling Sehat, 6 Jus dan Smoothie Ini Efektif Menurunkan Kolesterol Tinggi

Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan Pria

Ada beberapa manfaat asam folat untuk kesehatan pria yang wajib Anda pahami dilansir dari Natalist.

1. Mengatasi lesu dan mudah lelah

Jika Anda menghindari sayuran hijau dan umumnya tidak mengikuti pola makan sehat, Anda mungkin mendapati kekurangan asam folat. Ini membuat tubuh Anda merasa lebih lelah dan lesu.

Anda bisa saja tidak bisa menjalani kegiatan berat yang berbeda dari biasanya. Sehingga, dengan meningkatkan asupan asam folat Anda dapat membantu mengisi kembali kadar vitamin penting ini.

2. Mendukung kesuburan pria

Meski diperlukan lebih banyak riset, beberapa penelitian menunjukkan ada hubungan antara jumlah asam folat dalam makanan pria dan kualitas genetik spermanya.

Studi lain juga menyimpulkan bahwa pada beberapa pria, suplementasi folat meningkatkan jumlah sperma, morfologi sperma, dan motilitas sperma. Ada beberapa penelitian yang menemukan sedikit atau tidak ada manfaat dari suplementasi folat, sehingga masih diperlukan lebih banyak bukti.

3. Mendukung kesehatan jantung

Asam folat membantu mendukung metabolisme homosistein dalam darah karena asam amino dapat merusak dinding bagian dalam arteri Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa dosis asam folat yang baik dapat menjaga pembuluh darah tetap terbuka dan bersih dari penyumbatan, sehingga bermanfaat bagi pria yang berisiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular.

4. Dapat mengurangi gejala depresi

Folat berkontribusi pada fungsi psikologis normal, sehingga meningkatkan asupan asam folat dapat membantu mereka yang mengalami gangguan mood.

Penelitian ungkap hampir 30% pria melaporkan pernah mengalami depresi pada suatu saat dalam hidup. Selain itu, penelitian lain ungkap hubungan antara kadar folat yang rendah dan depresi, dan terdapat beberapa bukti bahwa suplementasi folat dapat membantu mengurangi depresi bila digunakan dalam jangka panjang.

Penelitian juga menunjukkan bahwa suplemen folat dapat meningkatkan kemanjuran antidepresan bagi sebagian orang.

Konsumsi makanan tinggi asam folat

Sayur bayam

Pada dasarnya ada dua cara utama agar Anda dapat merasakan manfaat peningkatan kadar vitamin B9 Anda. Coba tambahkan lebih banyak sayuran berdaun hijau, buah jeruk, polong-polongan, dedak gandum, dan sereal yang diperkaya asam folat ke dalam menu harian Anda.

Anda dapat meningkatkan kadar asam folat dengan mengonsumsi tablet asam folat setiap hari untuk mengisi kembali kadar vitamin B9 Anda.

Sebagai patokan umum, biasanya dibutuhkan waktu sekitar empat bulan untuk memulihkan kekurangannya. Sumber asam folat terbaik untuk Anda akan bergantung pada manfaat yang Anda cari dan penyebab kekurangannya. Beberapa sumber asam folat yang bagus meliputi:

  • Bayam, kangkung, asparagu, kubis, dan brokoli.
  • Kacang polong, lentil, dan buncis.
  • Ekstrak ragi dan daging sapi.
  • Jeruk, lemon, dan jus jeruk.
  • Makanan gandum utuh lainnya.

Apakah asam folat aman untuk semua orang?

Jika Anda memiliki kekhawatiran, silakan bicarakan dengan dokter Anda atau ahli kesehatan sebelum mengonsumsi suplemen asam folat apa pun.

Efek samping asam folat ada tiga saat tubuh mengonsumsi terlalu banyak asam folat, antara lain:

  • Merasa mual (mual)  bagi ibu hamil, hal ini lebih cenderung merupakan mual di pagi hari.
  • Kehilangan selera makan.
  • Kembung atau masuk angin.

Pada kasus yang parah, asam folat dapat menyebabkan anafilaksis jika terjadi reaksi alergi yang jarang terjadi. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter Anda apabila salah satu dari efek samping ini mengkhawatirkan Anda atau tidak kunjung hilang.

Itulah berbagai informasi terkait pentingnya konsumsi asam folat untuk kesehatan pria dewasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru