Teleskop Angkasa James Webb, Yuk Cari Tahu Fakta Menarik Dibalik Teleskop Canggih Ini

Kamis, 14 Juli 2022 | 11:08 WIB   Penulis: Arif Budianto
Teleskop Angkasa James Webb, Yuk Cari Tahu Fakta Menarik Dibalik Teleskop Canggih Ini

ILUSTRASI. Teleskop Angkasa James Webb, Yuk Cari Tahu Fakta Menarik Dibalik Teleskop Canggih Ini


KONTAN.CO.ID - Teleskop Angkasa James Webb, sebuah teleskop revolusioner yang akan mengamati berapa luasnya alam semesta di ruang angkasa. Yuk cari tahu tahu fakta menarik dibalik Teleskop Angkasa James Webb yang potret pertama alam semestanya telah dirilis baru-baru ini.

Baru-baru ini sebuah foto atau gambar yang memperlihatkan seperti apa alam semesta telah dirilis yang berhasil dipotret melalui Teleskop Angkasa James Webb. 

Teleskop Angkasa James Webb milik NASA ini memotret gambar inframerah terdalam dan paling tajam dari alam semesta yang jauh setidaknya untuk saat ini.

Dikenal sebagai Webb's First Deep Field, potret tersebut memperlihatkan gugusan galaksi SMACS 0723 dengan detail yang memukau.

Foto berwarna alam semesta dengan resolusi tertinggi infra merah yang pernah ada saat ini tangkapan

Ribuan galaksi, termasuk objek paling redup yang pernah dialami dalam inframerah terlihat dalam pantauan Teleskop Angkasa James Webb ini untuk pertama kalinya.

Punya teknologi yang canggih, yuk cari tahu fakta menarik tentang Teleskop Angkasa James Webb ini.

Baca Juga: Begini Potret Alam Semesta yang Berhasil Tertangkap Teleskop Luar Angkasa James Webb

1. Teleskop Angkasa James Webb akan meneruskan perjuangan Teleskop Hubble dan Spitzer

Teleskop Angkasa James Webb (James Webb Space Telescope) disingkat JWST sebelumnya dikenal dengan Next Generation Space Telescope.

Teleskop ini merupakan observatorium angkasa yang dioptimalkan untuk pengamatan dalam spektrum inframerah.

Teleskop Angkasa James Webb ini juga akan meneruskan perjuangan Teleskop Hubble dan Spitzer yang sebelumnya diluncurkan pada tahun 1990 dan 2003.

2. Diluncurkan akhir tahun 2021

Peluncuran Teleskop Angkasa James Webb bersamaan dengan perayaan Hari Raya Natal tahun 2021 lalu. Tepatnya pada tanggal 25 Desember 2021 pukul 09:20 waktu setempat dengan menggunakan roket Ariane 5.

3. Direncanakan sejak tahun 1996

Sebelum menjalankan misinya mengamati dunia luar yang begitu luas di ruang angkasa, Teleskop Angkasa James Webb ternyata sudah direncanakan sejak tahun 1996.

Proyek ini merupakan kolaborasi internasional dari sekitar 17 negara yang dipimpin oleh NASA. Proyek ini juga berkontribusi dengan European Space Agency (ESA) dan Canadian Space Agency.

4. Namanya diambil dari seorang administrator kedua NASA bernama James E. Webb

Nama Teleskop Angkasa James Webb ini ternyata diambil dari seorang administrator kedua NASA yang bernama James E. Webb. Beliau berperan penting dalam Program Apollo, serangkaian misi luar angkasa berawak yang diselenggarakan oleh Amerika Serikat melalui NASA menggunakan pesawat antariksa Apollo dan roket Saturn.

Misi tersebut berlangsung selama tahun 1961 - 1975 lalu.

Baca Juga: Ini Perkiraan Waktu Munculnya Fenomena Purnama Rusa Super di Indonesia, Mau Lihat?

5. Teknologi canggih mampu memotret dengan hasil yang sangat tajam

Teleskop Angkasa James Webb dilengkapi sejumlah teknologi canggih yang menghadirkan beberapa fitur.

Termasuk fitur teknis yang utama adalah cermin dingin yang sangat besar dan empat instrumen khusus untuk pengamatan yang jauh dari Bumi.

Resolusi sudut dari Teleskop Angkasa James Webb sangat tajam dan tepat. Teleskop ini dapat melihat pada resolusi 0,1 detik busur, yang berarti bahwa hal tersebut dapat melihat satu sen dari jarak 40 km jauhnya atau menonton pertandingan sepak bola dari jarak 550 km jauhnya.

Demikian beberapa fakta menarik dibalik Teleskop Angkasa James Webb yang dapat Anda ketahui. Luar biasa bukan hasil jepretan alam semesta berkat Teleskop Angkasa James Webb ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru