Tertangkap kamera, populasi harimau Siberia menyebar ke pedalaman China

Sabtu, 07 November 2020 | 16:40 WIB Sumber: Xinhua
Tertangkap kamera, populasi harimau Siberia menyebar ke pedalaman China


CHINA - HARBIN, 6 November (Xinhua) Seekor harimau Siberia muda liar tertangkap kamera pemantau di Provinsi Heilongjiang, China timur laut, menurut otoritas setempat.

Ini merupakan kali pertama gambar bergerak dari harimau Siberia liar terekam di kawasan yang dikelola oleh taman nasional percontohan untuk harimau Siberia dan macan tutul Amur biro Dongjingcheng.

Dalam cuplikan video tersebut, harimau Siberia itu terlihat sedang mengamati lingkungan di sekitar area tambahan untuk penangkaran. Para petugas jagawana mengatakan area itu kerap dikunjungi oleh rusa merah liar, rusa sika serta rusa roe, dan harimau Siberia itu mengikuti mangsanya.

Baca Juga: Kapal serbu amfibi China berlayar di Laut China Selatan dekat Taiwan, ada apa?

Diungkapkan para petugas, mereka menemukan jejak kaki seekor harimau Siberia pada 15 Mei, dan empat hari kemudian, jejak kaki lainnya juga ditemukan di sebuah area tambahan untuk pemberian makan. Biro Dongjingcheng kemudian memasang lebih banyak kamera di sekitar area tersebut, dan gambar harimau Siberia tertangkap pada 19 Juli.

Pihak otoritas mengungkapkan keberadaan harimau Siberia liar di wilayah yang dikelola oleh biro tersebut menunjukkan bahwa populasi hewan liar itu semakin meningkat dan menyebar ke pedalaman dari daerah perbatasan, saat taman nasional percontohan itu sedang dalam tahap pembangunan.

China telah meluncurkan proyek taman nasional percontohan untuk harimau Siberia dan macan tutul Amur, yang mencakup area seluas lebih dari 1,46 juta hektare di provinsi Jilin dan Heilongjiang. Pembangunan taman nasional itu dijadwalkan rampung tahun ini.

Selanjutnya: Pengadilan India perintahkan pemerintah larang disinfektan dan sinar UV

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hasbi Maulana

Terbaru