Unsur dan Struktur Penulisan Teks Berita dan Kaidah Bahasa yang Digunakan

Selasa, 05 Desember 2023 | 16:03 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Unsur dan Struktur Penulisan Teks Berita dan Kaidah Bahasa yang Digunakan

ILUSTRASI. Unsur dan Struktur Penulisan Teks Berita dan Kaidah Bahasa yang Digunakan.


Unsur dan Struktur Penulisan Teks Berita  -  Teks berita adalah salah satu teks yang sering kita temui dan baca bahkan setiap hari. Di dalam teks ini, kita bisa mendapatkan informasi-informasi penting seperti tentang politik, ekonomi, bahkan hiburan. 

Berita merupakan salah satu bentuk produk jurnalistik yang bertujuan menyampaikan informasi tentang peristiwa atau kejadian terkini. 

Ketika seorang jurnalis akan menyusun sebuah teks berita yang baik, dia perlu memahami unsur-unsur penting dalam teks berita, struktur penulisan dan mengikuti kaidah-kaidah kebahasaan yang digunakan.

Merangkum situs Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, berikut ini unsur hingga kaidah bahasa dalam teks berita. 

Baca Juga: Apa Itu Asam Sulfat? Ini Pengertian, Kegunaan, dan Bahaya Sembarangan Menggunakannya

Unsur 5W+1H dalam teks berita

Dalam teks berita, unsur yang dipakai dalam penulisannya adalah unsur 5W+1H. Tujuan dari unsur ini adalah membuat informasi atau berita yang disampaikan dapat diterima jelas oleh pembaca.

Selain itu, penggunaan 5W+1H bertujuan agar tidak mengaburkan makna kebenaran yang terkandung di dalam sebuah berita. Berikut unsur 5W+1H pada penulisan berita:

  • Apa (What): Apa yang diberitakan? Ini menjelaskan inti dari peristiwa atau informasi yang disampaikan dalam berita.
  • Di Mana (Where): Di mana peristiwa tersebut terjadi? Menentukan lokasi peristiwa memberikan konteks spasial pada berita.
  • Kapan (When): Kapan peristiwa tersebut terjadi? Informasi waktu memberikan dimensi kronologis pada berita.
  • Siapa (Who): Siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut? Identifikasi individu atau kelompok yang relevan dengan berita.
  • Mengapa (Why): Mengapa peristiwa tersebut terjadi? Menjelaskan alasan atau penyebab di balik suatu kejadian.
  • Bagaimana (How): Bagaimana kejadiannya? Memberikan gambaran tentang proses atau cara peristiwa terjadi.

Menggunakan struktur piramida terbalik

Sedikit berbeda dengan teks lainnya, teks berita menggunakan prinsip piramida terbalik.

Struktur piramida terbalik adalah prinsip penulisan berita di mana informasi paling penting berada di bagian atas dan semakin ke bawah kepentingannya semakin berkurang. 

Penggunaan struktur ini dapat mempermudah pembaca memperoleh informasi pokok meskipun hanya membaca bagian awal berita. Struktur tersebut terdiri dari:

  • Kepala berita (lead): Bagian pembuka berita yang singkat namun menarik, memberikan gambaran tentang unsur-unsur 5W+1H.
  • Tubuh/badan berita: Pengembangan dari unsur-unsur berita yang disajikan dalam lead, memberikan informasi lebih lanjut dan konteks.
  • Kaki/ekor berita: Merupakan bagian penutup berita. Sebagai bagian penutup, kaki/ekor berita merupakan bagian yang terletak paling akhir dari sebuah berita. Isi bagian kaki/ekor berita adalah kesimpulan dari keseluruhan berita.

Baca Juga: Asam Folat Baik Buat Ibu Hamil, Cek Manfaat, Dosis, dan Efek Sampingnya

Kaidah bahasa dalam teks berita

Teks berita biasanya menggunakan bahasa baku dengan penerapan Ejaan Yang Disempurnakan atau EYD yang cukup ketat.

Berikut ini beberapa poin kaidah bahasa dalam teks berita yang perlu Anda pahami agar teks berita yang dibuat baik dan dapat dipahami pembaca.

  • Menggunakan bahasa baku: Bahasa yang digunakan harus sesuai dengan standar bahasa Indonesia, mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
  • Konjungsi temporal: Penggunaan kata hubung yang menunjukkan urutan waktu diperlukan, mengingat waktu adalah unsur utama dalam berita.
  • Keterangan waktu: Penggunaan keterangan waktu seperti kemarin, sejak, sekarang, dab lain-lain., yang dapat memberikan dimensi waktu pada berita.
  • Kalimat langsung dan tidak langsung: Teks berita dapat menggunakan kalimat langsung dan tidak langsung, tergantung pada data dan informasi yang disampaikan.

Demikian informasi tentang teks berita dalam bahasa Indonesia mulai dari unsur, struktur teks, dan kaidah bahasa yang digunakan dalam teks berita. 

Selain poin-poin di atas, pastikan Anda menuliskan berita dengan teliti, benar, dan jujur. Selain itu carilah sumber-sumber terpercaya ketika akan menulis teks berita agar informasi yang disampaikan benar dan dapat dipercaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru