Waspada, 4 kondisi ini bisa semakin memparah Covid-19

Rabu, 10 Februari 2021 | 20:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Waspada, 4 kondisi ini bisa semakin memparah Covid-19


KESEHATAN - Semua orang berisiko terinfeksi virus corona. Bahkan, masyarakat yang memiliki kondisi kesehatan tertentu dapat mengalami Covid-19 yang lebih parah hingga berisiko mengalami kematian.

Salah satu kondisi yang memperparah infeksi virus corona adalah obesitas atau kelebih berat badan. Seseorang yang obesitas atau memiliki indeks massa tubuh lebih dari 30 berisiko mengalami keparahan Covid-19 yang cukup tinggi.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengontrol berat badan. Usahakan untuk mengonsumsi makanan bergizi dan melakukan olahraga secara rutin.

Jika diperlukan, segera periksakan diri ke dokter agar obesitas bisa diatasi dengan tepat. Selain kelebihan berat badan, masih banyak kondisi kesehatan lainnya yang perlu Anda waspadai karena dapat memperparah Covid-19.

Penyakit ginjal kronis

Mengutip dari Eatthis.com, memiliki penyakit ginjal kronis dapat meningkatkan risiko Covid-19.

Selama pandemi virus corona, usahakan untuk tetap menjalani perawatan sesuai dengan anjuran dokter. Begitu pula dengan Anda yang perlu melakukan dialisis agar dapat menjalankannya secara rutin.

Baca Juga: Cara menyembuhkan parosmia, gejala Covid-19 yang mengganggu penciuman

Baca Juga: Riset baru: Obat antidepresan bantu cegah gejala parah Covid-19

Kanker

Penderita kanker pun berisiko mengalami infeksi virus corona yang cukup parah.

Jangan mengubah pengobatan yang sudah Anda jalankan tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Selain itu, cobalah untuk menyediakan obat-obatan darurat yang bisa disimpan di rumah.

Sakit jantung

Penyakit jantung dapat meningkatkan keparahan Covid-19.

Penyakit jantung koroner, gagal jantung, dan hipertensi atau tekanan darah tinggi berisiko mengalami Covid-19 yang lebih parah daripada umumnya.

Sama seperti penderita kanker, menurut Eatthis.com, Anda untuk selalu berkonsultasi dengan dokter tentang kondisi kesehatan apa pun yang Anda rasakan.

Penurunan daya tahan tubuh

Penurunan daya tahan tubuh atau immunocompromised terjadi karena berbagai macam hal. Mulai dari penyakit HIV, baru saja melalui transplantasi organ, darah, dan sumsum tulang belakang, atau pengobatan yang berpengaruh pada sistem imun tubuh.

Kondisi tersebut dapat memperparah infeksi virus corona. Untuk mencegah kondisi yang tidak diinginkan, selalu konsultasi dengan dokter tentang kondisi apa pun yang Anda rasakan. Jangan lupa untuk melanjutkan pengobatan yang telah diresepkan dokter.

Selanjutnya: 4 Kelompok orang yang perlu mendapatkan vaksin Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru