10 Makanan yan Baik untuk Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Sabtu, 27 April 2024 | 05:25 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
10 Makanan yan Baik untuk Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

ILUSTRASI. 10 Makanan untuk Kesehatan Jantung yang Bisa Mengusir Kolesterol Jahat


KESEHATAN - JAKARTA. Intip daftar makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung yang mudah ditemukan. Setiap individu pasti mengharapkan jantungnya tetap sehat hingga usia lanjut.

Jantung adalah organ berongga berupa otot yang berfungsi sebagai pompa untuk menggerakkan darah ke seluruh tubuh, memberikan oksigen dan nutrisi yang diperlukan oleh sel-sel tubuh, serta mengeluarkan produk limbah dari tubuh.

Apabila jantung dan sistem peredaran darah berfungsi dengan baik, itu menandakan adanya kesehatan jantung yang baik.

Kesehatan jantung dapat dipengaruhi oleh pola makan, tingkat aktivitas, serta faktor genetik.

Sebaiknya, Anda perlu memahami beberapa jenis makanan yang kaya nutrisi untuk menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: 5 Makanan yang Dilarang Bagi Penderita Radang Sendi, Apa Saja?

Nutrisi penting untuk jantung

Gagal jantung

Inilah daftar nutrisi penting yang dibutuhkan untuk jantung yang lebih sehat.

  • Serat: Jenis serat yang larut dalam air, seperti yang terdapat dalam oatmeal, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan, dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol LDL ("kolesterol jahat") dalam sirkulasi darah, serta menjaga kebersihan pembuluh darah.
  • Asam Lemak Omega-3: Asam lemak omega-3 memiliki potensi untuk mengurangi peradangan dalam pembuluh darah, mendukung ritme jantung yang sehat, dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner.
  • Antioksidan: Nutrisi antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten memainkan peran kunci dalam melindungi sel-sel jantung dari kerusakan oksidatif yang dapat menjadi pemicu penyakit jantung.
  • Kalium: Mineral ini dapat membantu mengatur tekanan darah, mendukung fungsi keseimbangan cairan tubuh, dan memiliki dampak positif pada kesehatan jantung secara keseluruhan.
  • Magnesium: Magnesium memiliki peran penting dalam fungsi otot dan saraf, termasuk otot jantung, serta dapat berkontribusi pada kesehatan jantung secara menyeluruh.
  • Kalsium: Meskipun kalsium esensial untuk kesehatan tulang, namun mineral ini juga berperan dalam kontraksi otot jantung dan berkontribusi pada fungsi jantung yang optimal.

Dengan mengadopsi pola makan yang sehat untuk jantung, Anda dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan faktor risiko penyakit jantung.

Hal ini termasuk penurunan tekanan darah, peningkatan kadar kolesterol, pengelolaan berat badan, dan stabilisasi gula darah.

Baca Juga: Ini 7 Penyakit Penyebab Sakit Perut Mendadak dan Gejala yang Perlu Dikenali

Makanan yang menyehatkan jantung

Simak pilihan makanan untuk kesehatan jantung yang mudah kaya nutrisi, dilansir dari laman UIHC.

1. Ikan salmon dan tuna

Ikan-ikan ini mengandung tingkat omega-3 yang tinggi, lemak sehat yang dapat mengurangi tekanan darah serta mengurangi risiko terjadinya gangguan irama jantung. Bagi vegetarian, tahu dapat dijadikan sebagai alternatif yang baik.

2. Minyak zaitun

Minyak ini kaya akan antioksidan yang berguna melindungi pembuluh darah. Menggantikan lemak jenuh, seperti mentega, dengan minyak zaitun dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol.

3. Kacang kenari dan almond

Anda bisa mengonsumsi segenggam kecil kacang ini setiap hari dapat mengurangi tingkat kolesterol dan melindungi arteri jantung dari peradangan. Selain itu, kacang kenari juga mengandung tingkat omega-3 yang tinggi.

4. Kacang hitam

Kacang hitam mengandung antioksidan, folat, dan magnesium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Pastikan untuk membilas kacang hitam kalengan guna menghilangkan kelebihan garam.

5. Yogurt rendah lemak

Produk susu tidak hanya membantu menjaga kekuatan tulang, tetapi juga membantu mengatur tekanan darah. Pilihan rendah lemak membantu meningkatkan asupan kalsium sambil meminimalkan lemak.

6. Buah Ceri

Nah, selain itu buah ceri mengandung antioksidan yang melindungi pembuluh darah dan mengurangi peradangan.

7. Cokelat hitam

Konsumsi coklat hitam dalam jumlah moderat dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, serta diabetes. Disarankan untuk memilih coklat hitam yang mengandung setidaknya 70% kakao guna mendapatkan manfaatnya.

Cokelat

8. Jeruk

Buah jeruk mengandung serat yang efektif melawan kolesterol serta potasium untuk membantu mengendalikan atau bahkan menurunkan tekanan darah.

9. Alpukat

Alpukat memberikan sumber lemak sehat yang dapat menurunkan tingkat kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

10. Sayuran berdaun gelap

Sayuran hijau kaya akan vitamin, mineral, dan nitrat yang membantu membuka pembuluh darah, memastikan darah kaya oksigen mencapai jantung. Beberapa contoh sayuran berdaun gelap meliputi bayam, selada, arugula, bok choy, dan sawi.

Anda bisa memilih nutrisi penting, untuk menjaga berat badan yang sehat, mengelola stres, berhenti merokok (jika Anda merokok), dan menjalani gaya hidup aktif untuk menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

Itulah sederet informasi terkait rekomendasi makanan yang menyehatkan jantung sekaligus mudah dikonsumsi setiap hari.

Selanjutnya: Jadwal Lengkap Sholat Kota Salatiga dan Sekitarnya, Sabtu 27 April 2024

Menarik Dibaca: Peringatan Dini Cuaca Hari Ini (27/4) Hujan Deras juga Petir di Provinsi Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru