10 Skill ini banyak dibutuhkan perusahaan di masa depan, sudah ada yang Anda kuasai?

Rabu, 24 November 2021 | 14:27 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
10 Skill ini banyak dibutuhkan perusahaan di masa depan, sudah ada yang Anda kuasai?

ILUSTRASI. 10 Skill ini banyak dibutuhkan perusahaan di masa depan, sudah ada yang Anda kuasai? KONTAN/Baihaki.

KONTAN.CO.ID - Agar tidak kalah bersaing, pekerja perlu membekali diri dengan berbagai macam skill yang dibutuhkan oleh perusahaan saat ini dan di masa depan. 

Kemampuan atau skill yang penting dikuasai oleh karyawan adalah hard skill dan soft skill. Mereka saling melengkapi dan penting untuk eksistensi baik karyawan dan perusahaan. 

Soft skill, dikutip dari www.thebalancecareers.com, merupakan kemampuan non-teknikal yang berhubungan dengan bagaimana seseorang bekerja. Kemampuan ini melibatkan bagaimana karyawan berinteraksi, menyelesaikan masalah, hingga memanajemen pekerjaan. 

Sedangkan hard skill adalah kemampuan yang berkaitan dengan suatu pekerjaan tertentu. Kemampuan ini biasanya didapat melalui pelatihan dan pengalaman di pekerjaan tertentu. 

Baca Juga: 7 Tips memilih jurusan kuliah buat pelajar yang masih bingung menentukan pilihan

Skill yang dibutuhkan di perusahaan 

Seiring berkembangnya zaman, teknologi juga ikut berkembang. Agar tidak tertinggal oleh teknologi yang terus berubah, manusia juga perlu meningkatkan kemampuannya.

Melansir laman www.weforum.org, sebagian besar karyawan perusahaan perlu memperbaharui kemampuan mereka. Hal ini dilakukan agar mereka bisa bersaing hingga tahun-tahun berikutnya. 

Di tahun 2025, melalui penelitian dari WEF, diperkirakan ada 85 juta pekerjaan bisa dikerjakan baik manusia maupun mesin.Teknologi yang terus berkembang menuntut manusia untuk terus belajar.

Teknologi buatan seperti mesin hingga kecerdasan buatan sangat dibutuhkan di berbagai sektor industri. Sehingga aan ada sistem pergantian shift antara manusia dan mesin pada pekerjaan tersebut.

Karenanya, penting untuk karyawan agar terus meningkatkan kemampuan mereka agar tidak kalah dengan teknologi. 

Baca Juga: Jenis-jenis perjanjian kerja serta poin penting yang wajib ada dalam kontrak

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru