11 Kata Bahasa Korea yang Masuk KBBI, dari Oppa hingga Mokbang

Jumat, 15 Juli 2022 | 11:43 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
11 Kata Bahasa Korea yang Masuk KBBI, dari Oppa hingga Mokbang

ILUSTRASI. 11 Kata Bahasa Korea yang Masuk KBBI, dari Oppa hingga Mokbang.


KONTAN.CO.ID -  Semakin banyak generasi muda yang menyukai budaya Korea Selatan, beberapa kosa kata negara ini juga banyak yang masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 

Anda mungkin pernah mendengar beberapa kosa kata bahasa Korea seperti oppa atau kimchi yang sering diucapkan penggemar K-Pop

Banyak produk dalam negeri yang menggunakan aktor hingga idol K-Pop sebagai model iklan juga membuat masyarakat Indonesia terbiasa dengan bahasa dan budaya Negeri Ginseng ini. 

Bersumber dari Instagram Badan Bahasa Kemendikbud Ristek, saat ini ada beberapa kosa kata bahasa Korea bisa ditemukan dalam KBBI. 

Baca Juga: Pendaftaran SMUP Sarjana Terapan Unpad 2022 Masih Dibuka, Ini Infonya

Apa saja kata-kata tersebut? Berikut ini rangkumannya dari Instagram Badan Bahasa Kemendikbud Ristek dan situs kbbi.kemdikbud.go.id.

Kosa kata bahasa Korea dalam KBBI

Bulgogi Korea

1. Bulgogi

Makanan khas Korea berbahan dasar daging yang diberi bumbu gula, kecap asin, dan rempah lainnya, dan diolah dengan dipanggang atau digoreng

Banchan makanan Korea

2. Bancan

Makanan pendamping nasi khas Korea yang bisa terbuat dari ikan, sayur, daging, dan lainnya, biasanya disajikan dalam piring-piring kecil dengan porsi terbatas. 

Oppa BTS

3. Oppa

Panggilan perempuan kepada laki-laki yang lebih tua, biasanya yang memiliki hubungan dekat atau sudah saling mengenal cukup lama. Contohnya seperti kakak kandung, teman, atau kekasih.

Baca Juga: Lowongan Kerja di Bank BCA Masih Dibuka, Banyak Posisi Ditawarkan

Kimchi

4. Kimci

Makanan khas Korea berupa acar pedas yang terbuat dari sayuran seperti lobak dan kubis yang diberi garam, dibumbui (dengan cabai merah, bawang putih, pasta ikan teri, jahe, dan sebagainya), kemudian difermentasikan.

Mandu khas Korea

5. Mandu

Pangsit khas Korea biasanya menggunakan tofu atau tahu

Manhwa Something About Us

6. Manhwa

Komik khas Korea

Baca Juga: Australia Buka Beasiswa G20 2022 untuk Pelajar Indonesia Jenjang S2 & S3, Ini Infonya

Patbingsu

7. Bingsu

Minuman berupa es yang diserut menyerupai salju lalu diberikan tambahan gula, kacang tanah, biah, dan berbagai pugasan (tambahan) lainnya.

mukbang makanan Korea

8. Mokbang

Siaran langsung atau video yang mempertontonkan orang memakan banyak makanan untuk hiburan.

Bibimbap Korea

9. Bibimbap

Makanan khas Korea berupa nasi, sayuran, daging, dan sebagainya serta bumbu yang dimakan dengan mencampur semua bahan tersebut, dapat ditambah telur mentah atau matang. 

Baca Juga: Mengenal Ganja Medis, Manfaat, dan Bedanya dengan Ganja Kelompok Narkoba

Hanbok Korea

10. Hanbok

Baju tradisional Korea yang berupa atasan berlengan panjang menyerupai jaket berkerah V yang diikat pita dan dipadukan dengan rok panjang berpinggang tinggi dan berpotongan lebar di bagian bawah untuk perempuan atau celana longgar panjang bagi pria.

Gochujang

11. Gocujang

Pasta cabai yang dibuat dari bubuk cabai, tepung beras ketan, tepung kedelai yang difermentasikan, dan garam yang bisanya digunakan sebagai bumbu masakan Korea.

Itulah beberapa kosa kata bahasa Korea yang masuk dalam KBBI. Adakah kata-kata yang sudah sering Anda dengar atau bahkan digunakan sehari-hari?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru