11 November diperingati sebagai Hari Jomblo Sedunia, ini sejarah Single Day

Kamis, 11 November 2021 | 11:33 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
11 November diperingati sebagai Hari Jomblo Sedunia, ini sejarah Single Day

ILUSTRASI. Warga menggunakan gawainya untuk berbelanja daring di salah satu situs belanja daring di Bogor, Jawa Barat, Kamis (4/11/2021). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.


SEJARAH -  11 November atau biasa disebut 11.11 dalam beberapa tahun ini dijadikan sebagai hari belanja online lantaran banyak promo menarik pada hari tersebut.

Namun, di China, 11 November memperingati Hari Jomblo Sedunia atau Single Day. Single Day adalah hari jomblo yang dirayakan para lajang setiap tahun.

Orang yang belum menikah memperingati acara tersebut dengan memanjakan diri mereka sendiri melalui belanja hadiah.

Tradisi tersebut dimanfaatkan oleh e-commerce terbesar di China, Alibaba dengan menjadikannya sebagai hari belanja online.

Baca Juga: China warning warga: Waspada penyebaran Covid-19 dari paket di hari belanja 11.11

Sejarah Hari Jomblo atau Single Day

Dirangkum dari Investopedia, sejarah Hari Jomblo pada tanggal 11 November karena tanggal 11/11 mewakili empat orang, atau empat orang jomblo, berdiri bersama.

Di China juga dikenal sebagai "bare sticks holiday".  Perayaan ini dimulai pada 1993 oleh mahasiswa Universitas Nanjing China yang merayakannya sebagai anti Hari Valentine.

Momen ini juga dikenal sebagai "Bachelor's Day" karena ketidakseimbangan gender Cina yang diakibatkan kebijakan satu anak.

Kegiatan ini menyebar ke universitas lain di China. Singles Day atau Hari Jomblo sekarang berfungsi sebagai kesempatan bagi para lajang untuk bertemu dalam pesta dan pertemuan sosial lainnya.

Kini, Singles Day telah populer di negara lain. Termasuk di seluruh Asia Tenggara dan beberapa negara Eropa, seperti Jerman, Belgia, dan Inggris.

Versi Inggris Raya jatuh pada tanggal yang berbeda yakni 11 Maret.

Baca Juga: Promo 11.11 Natasha Skin Clinic Center, Diskon s/d 50% Berlaku Hanya Hari Ini (11/11)

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru