kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45780,32   4,77   0.62%
  • EMAS1.023.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.16%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Alasan mengapa kucing suka menjilati sesuatu termasuk Anda


Minggu, 06 September 2020 / 08:40 WIB
4 Alasan mengapa kucing suka menjilati sesuatu termasuk Anda

Reporter: Arif Budianto | Editor: Arif Budianto

KONTAN.CO.ID - Mengapa kucing suka menjilati sesuatu termasuk Anda ? Apakah itu bentuk rasa sayang mereka terhadap pemiliknya ? Atau mereka hanya ingin menjilatinya saja, berikut alasannya.

Makhluk menggemaskan ini menjadi salah satu binatang peliharaan favorit banyak orang. Penampilan lucu hingga tingkah laku uniknya membuat kucing mudah untuk disukai orang.


Terlepas dari semua itu, pernahkah kucing menjilati Anda ? Atau melihat induk kucing menjilati anaknya ?

Nah, menurut situs Cattime.com, berikut 4 Alasan mengapa kucing suka menjilati sesuatu termasuk Anda :

Baca Juga: Bukan hanya Maine Coon, berikut 7 jenis kucing berukuran besar di dunia Bukan hanya Maine Coon, berikut 7 jenis kucing berukuran besar di dunia

  • Membersihkan sesuatu 

Kerap kali Anda menemui kucing menjilati tangan atau bagian tertentu saat berada di dekat pemiliknya. Hal ini merupakan bentuk atau cara mereka membersihkan sesuatu yang menurut mereka kotor.

Bisa jadi tangan Anda habis makan sesuatu yang berminyak atau tertinggal bekas makanan, kucing akan menjilatinya. Di sisi lain induk kucing juga melakukan hal yang sama menjilati anaknya untuk menjaga tubuh mereka tetap bersih.

  • Menganggap jari-jari tangan Anda sebagai dot mereka

Jika Anda mengadopsi atau pernah merawat kucing sedari kecil pasti pernah menjilati atau menghisap jari. Seperti balita yang suka memasukan jarinya ke mulut, anak kucing juga melakukan hal yang sama.

Anak kucing menjilati dan menghisap jari Anda karena menganggap seperti puting susu induknya. 

  • Merasa cemas

Terkadang kucing menjilati dirinya sendiri bukan berarti mereka memang ingin membersihkan tubuhnya lho. Kucing menjilati tubuhnya terlalu berlebihan diketahui karena merasa cemas.

Benar sekali, kecemasan kucing salah satunya ditandai dengan menjilati dirinya sendiri secara berlebihan. Oleh karena itu Anda harus mencar tahu sumber kecemasan mereka dan segera menyingkirkannya.

  • Menandai sesuatu

Alasan terakhir dalam artikel ini yakni kucing menandai sesuatu dengan menjilati. Ini berlaku untuk induk kucing yang menjilati anaknya hingga kucing peliharaan yang menjilati pemiliknya.

Dengan menjilati, mereka menandai sesuatu dengan bau uniknya. Dengan begitu mereka bisa mengenali bahwa itu milik atau sesuatu yang dikenali sebelumnya. 

Begitupun dengan induk kucing yang menjilati anaknya. Sang induk akan mengenali anaknya lewat bau yang sudah ditandai. Oleh karena itu Anda perlu hati-hati jika menyentuh atau merawat anak kucing. 

Jangan sampai baunya tersamarkan dan membuat sang induk menganggap kalau itu bukan anaknya. Hal tersebut menyebabkan induk kucing enggan untuk menyusui dan merawatnya.

Nah, kurang lebih seperti itu guys alasan mengapa kucing suka menjilati tubuhnya sendiri atau bahkan Anda. Sebenarnya induk kucing juga melakukan hal yang sama

Selanjutnya: Viral kucing Pokemon! Ternyata ini penyebabnya

 



TERBARU

[X]
×