CLOSE [X]

4 Cara menghilangkan noda tinta di baju dengan bahan yang mudah ditemukan

Jumat, 11 Desember 2020 | 15:49 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan noda tinta di baju dengan bahan yang mudah ditemukan

ILUSTRASI. Susu bisa Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan noda tinta di baju.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banyak orang yang pernah mengalami masalah dengan noda tinta yang menempel di baju, celana, atau permukaan benda lainnya. Meski demikian, Anda tak perlu khawatir karena cara menghilangkan noda tinta di baju ini bisa Anda coba.

Penghapus Cat Kuku dan Semprotan Tubuh

Noda tinta biasanya bisa hilang dengan alkohol. Salah satunya adalah alkohol yang ada dalam penghapus cat kuku atau nail polish remover. Sew Guide (sewguide.com) merekomendasikan agar Anda mencampur 2 sdt air dengan 1 sdt penghapus cat kuku.

Gunakan campuran itu untuk menghapus tinta menggunakan kapas. Selain penghapus cat kuku, Anda juga bisa memakai semprotan tubuh atau body spray. Setelah Anda menyemprot noda tinta dengan benda itu, cuci benda yang terkena tinta seperti biasa.

Susu

Cara menghilangkan noda tinta di baju juga bisa Anda juga dengan memanfaatkan lemak yang ada di susu. Tinta pena terbuat dari pelarut organik yang bisa menguap. Artinya, lemak dalam susu bisa menghilangkan noda tinta itu.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan bintik-bintik di wajah, bisa pakai bahan alami

Hal yang perlu Anda lakukan adalah merendam baju atau benda lain yang terkena tinta dalam susu selama 30 menit. Anda juga bisa merendamnya selama semalaman. Setelah itu, cuci baju seperti biasa dan tinta akan hilang.

Pasta Gigi

Selain membersihkan kotoran di gigi dan mulut, pasta gigi juga bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan noda tinta di baju. Mengutip dari Sew Guide, Anda perlu mengoleskan pasta gigi pada noda tinta lalu biarkan dulu selama 30 menit. Setelah itu, cuci baju seperti biasa.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan noda hitam di wajah dengan bahan alami

Hand Sanitizer

Tak hanya efektif membersihkan kuman di tangan, hand sanitizer berguna pula untuk membersihkan noda tinta, lo. Anda hanya perlu merendam baju atau benda lain yang terkena tinta dalam hand sanitizer selama beberapa menit. Setelah itu, cuci baju seperti biasa.

Beberapa cara di atas memang efektif menghilangkan noda tinta. Namun, untuk benda yang terbuat dari bahan lain, seperti kulit, perlu dilakukan perawatan khusus. Jika tidak, bahan kulit di benda kesayangan Anda bisa rusak. Untuk menghindarinya, coba bawa benda tersebut ke tempat reparasi yang lebih baik.

Selanjutnya: Moms, ini 5 cara mudah menghilangkan noda tinta di baju

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru