4 Khasiat daun sirsak, bisa menurunkan tekanan darah

Selasa, 03 Agustus 2021 | 14:38 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Khasiat daun sirsak, bisa menurunkan tekanan darah

ILUSTRASI. Ada banyak khasiat daun sirsak yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.


KESEHATAN - Tidak hanya buahnya, daun sirsak juga bisa mendatangkan banyak manfaat, lo. Khasiat daun sirsak berguna untuk menjaga kesehatan Anda. Jadi, tak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi bahan alami ini.

Berbagai macam nutrisi terkandung dalam daun daun sirsak. Mulai dari vitamin B, vitamin C, kalsium, zat besi, hingga kalium. Meski demikian, Anda tetap perlu berhati-hati terhadap efek samping daun sirsak, ya.

Beberapa penelitian menunjukkan, daun sirsak bisa memicu penyakit tertentu. Selain itu, daun sirsak juga bisa memengaruhi efek obat tertentu yang Anda konsumsi.

Supaya manfaat di bawah ini bisa Anda dapat dengan maksimal, jangan lupa untuk berkonsultasi dulu dengan dokter.

Mengontrol tekanan darah

Laman Web MD menyebutkan, rutin mengonsumsi daun sirsak bisa jadi salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan begitu, risiko stroke, serangan jantung, atau penyakit lain dapat Anda hindari.

Kalium yang terkandung dalam daun sirsak dapat mengurangi tegangan pada pembuluh darah yang datang dari natrium. Namun, Anda perlu berhati-hati jika ingin rutin mengonsumsi daun sirsak.

Apalagi, jika Anda minum obat hipertensi. Dikhawatirkan tekanan darah Anda justru turun di bawah batas normal.

Baca Juga: Ini 7 manfaat temulawak untuk kesehatan

Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Khasiat daun sirsak berikutnya yang bisa Anda dapat adalah bahan alami itu mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Bahan alami itu mengandung serat yang bisa mengatasi sembelit atau masalah sistem pencernaan yang lain.

Meredakan peradangan

Mengutip dari Web MD, daun sirsak mengandung banyak antioksidan yang berguna untuk melawan serangan radikal bebas. Artinya, peradangan yang terjadi akibat kerusakan sel dapat berkurang saat Anda rutin mengonsumsi bahan alami tersebut.

Baca Juga: 7 Manfaat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan

Meningkatkan sistem imun tubuh

Salah satu khasiat daun sirsak adalah meningkatkan sistem imun tubuh.

Khasiat daun sirsak berikutnya yang bisa Anda dapatkan adalah sistem imun tubuh meningkat. Bahan alami itu mengandung antioksidan.

Selain melawan radikal bebas, kandungan itu juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Efek ini semakin maksimal karena kandungan vitamin C. Saat sistem imun tubuh kuat, risiko terkena penyakit dapat Anda hindari.

Namun, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi daun sirsak secara berlebihan, ya. Usahakan untuk mengonsumsi bahan alami itu dalam dosis yang disarankan dokter.

Selanjutnya: Khasiat jus sirsak efektif menurunkan asam urat tinggi, cek resepnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru