4 Manfaat tomat untuk kesehatan, apa saja?

Senin, 05 Juli 2021 | 15:08 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Manfaat tomat untuk kesehatan, apa saja?


KESEHATAN - JAKARTA. Manfaat tomat datang dari berbagai macam nutrisi yang terkandung di dalamnya. Mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, dan lain sebagainya. Dengan pemakaian rutin, tomat mampu menjaga kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh.

Melansir NDTV Food (food.ndtv.com), tomat memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Nah, hal itulah yang membuat tomat mampu menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh Anda. Vitamin C dalam tomat juga mampu mengontrol jumlah hormon stres dalam tubuh.

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi tomat. Cara mengolah tomat juga beragam. Anda bisa mengolahnya menjadi jus, mengonsumsinya dalam bentuk salad, atau bentuk hidangan lain.

Kaya Antioksidan

Vitamin A dan vitamin C yang ada dalam tomat berguna sebagai antioksidan, lo. Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas penyebab berbagai jenis penyakit. Untuk memaksimalkan manfaat tomat, Anda perlu mengonsumsinya dalam keadaan mentah atau Anda olah dalam bentuk salad.

Baca Juga: Buah-buahan segar yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung

Menjaga Kesehatan Tulang

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi tomat baik untuk kesehatan tulang? Manfaat itu berasal dari kandungan kalsium dan vitamin K dalam tomat yang cukup tinggi. Mengutip dari NDTV Food, terdapat 110 mg kalsium dalam 100 g tomat.

Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Salah satu cara menjaga kesehatan kulit dan rambut yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan tomat. Vitamin yang ada dalam tomat efektif menjaga kondisi rambut dari polusi atau faktor eksternal lain yang merusak rambut.

Selain dikonsumsi secara langsung, Anda bisa menggunakan kulit tomat sebagai masker. Dengan pemakaian rutin, kebersihan kulit wajah dapat terjaga. Dengan begitu, masalah kulit, seperti komedo atau jerawat, dapat Anda cegah.

Baca Juga: Ini 5 manfaat tomat yang perlu Anda ketahui, apa saja?

Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat tomat adalah menjaga kesehatan jantung.

Manfaat tomat berikutnya yang bisa Anda dapat adalah jenis buah itu mampu menjaga kesehatan jantung Anda. Alasannya karena tomat mengandung banyak vitamin A, vitamin B, dan kalium yang mana mampu menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh.

Saat jumlah kolesterol dalam tubuh berkurang, aliran darah menjadi lebih lancar sehingga tekanan darah Anda dapat lebih terkontrol. Namun, usahakan untuk tetap berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum rutin mengonsumsi tomat, ya. Apalagi jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Selanjutnya: 5 Buah yang baik dikonsumsi para penderita kolesterol tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru