4 Penyebab ambeien ini sebaiknya Anda hindari

Rabu, 16 Juni 2021 | 21:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Penyebab ambeien ini sebaiknya Anda hindari

KONTAN.CO.ID - Ada banyak penyebab ambeien yang bisa Anda alami. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Saat ambeien yang Anda alami sembuh, kesehatan Anda secara keseluruhan dapat terjaga pula. Ambeien adalah kondisi di mana pembuluh darah di sekitar anus membengkak dan mengalami iritasi.

Biasanya, ambeien terjadi saat proses buang air besar Anda terganggu. Pembuluh darah di sekitar anus juga dapat membengkak saat mendapat tekanan yang lebih besar, seperti hamil atau obesitas.

Pembuluh darah yang bengkak di sekitar anus biasanya dibarengi dengan gejala lain. Misalnya, muncul rasa tidak nyaman, gatal, dan sensasi terbakar.

Jika ambeien tak kunjung sembuh, segera periksakan diri ke dokter. Biasanya, dokter akan memberi saran pengobatan sesuai dengan penyebabnya.

Dehidrasi

Tahukah Anda bahwa dehidrasi jadi salah satu faktor yang meningkatkan risiko kemunculan ambeien?

Mengutip dari Very Well Health, Anda perlu minum minimal delapan gelas air putih setiap hari. Jumlah itu bisa bertambah, tergantung dari cuaca dan aktivitas yang sedang Anda lakukan.

Baca Juga: 4 Rekomendasi obat ambeien, bisa dari bahan alami, lo

Kurang olahraga

Penyebab ambeien berikutnya adalah kurang melakukan aktivitas fisik, misalnya, olahraga. Jarang olahraga mengakibatkan otot-otot di sekitar anus tak dapat berfungsi secara optimal. Hal itulah yang menyebabkan ambeien muncul.

Buang air besar

Ambeien saat berhubungan dengan buang air besar. Diare, duduk terlalu lama di toilet, sembelit, dan mengejan terlalu kerasa dapat memicu pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus.

Jika Anda mengalami masalah-masalah tersebut, segera periksakan diri ke dokter. Apalagi, jika diare atau sembelit terjadi dalam jangka waktu yang relatif lama. Dengan berkonsultasi pada dokter, Anda bisa mendapat perawatan yang tepat.

Baca Juga: Mudah didapatkan, coba 4 obat herbal ambeien ini yuk

Kurang mengonsumsi serat

Kurang mengonsumsi serat termasuk salah satu penyebab ambeien.

Very Well Health mengatakan, kurang mengonsumsi makanan berserat jadi penyebab ambeien lainnya yang perlu Anda perhatikan. Usahakan untuk mengonsumsi 25-30 g serat per hari.

Anda tak perlu khawatir karena ada banyak jenis sayur dan buah yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan serat.

Selain menambah asupan serat, Anda juga perlu menghindari beberapa jenis makanan yang dapat memperparah ambeien. Mulai dari keju, es krim, daging merah, hingga keripik kentang.

Jika Anda kesulitan untuk menentukan menu sehat seperti apa yang Anda butuhkan, jangan ragu untuk meminta saran dokter.

Selanjutnya: Bisa Anda jadikan pilihan, berikut 4 obat herbal ambeien

Editor: Belladina Biananda
Terbaru