​5 Cara ampuh mengusir tikus secara mudah

Selasa, 16 Februari 2021 | 11:20 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​5 Cara ampuh mengusir tikus secara mudah

ILUSTRASI. Tikus atau hewan pengeret yang dapat menyebabkan penyakit leptospirosis

KONTAN.CO.ID - Tikus adalah hewan pengerat yang suka merusak dan mengotori rumah. Tidak jarang, tikus juga meninggalkan bau tidak sedap jika kencing di beberapa perabotan rumah. 

Tikus juga bisa membawa bibit penyakit ke dalam rumah karena habitatnya tinggal di tempat kotor. 

Ada beberapa cara mengusir tikus di rumah seperti menggunakan racun tikus, jebakan tikus, dan lem tikus.

Selain itu, memelihara kucing juga menjadi salah satu cara paling umum untuk mengusir tikus. Lantas, adakah cara lain untuk mengusir tikus? 

Baca Juga: ​Inil arti Shio Kerbau dan daftar lengkap 12 shio yang lain

5 Cara mengusir tikus di rumah

Dirangkum dari Countryliving.com, berikut 5 cara mengusir tikus di rumah:  

1. Tutup semua celah atau lubang di rumah

Tikus dapat masuk ke rumah melalui celah dan lubang. Jadi, tutupi lubang dan celah di dalam rumah dengan pelat logam atau semen. Tikus juga dapat masuk ke dalam rumah melalui saluran yang rusak, jadi penting untuk memastikannya dirawat dengan baik dan diperiksa secara teratur.

2. Rapikan dan bersihkan

Jaga seminimal mungkin barang yang berantakan dan jauhkan benda dari dinding untuk memastikan Anda dapat memeriksa apa yang bersembunyi di baliknya. 

Semakin bersih dan rapi rumah Anda maka akan semakin lebih sedikit tempat untuk bersembunyi. Pastikan sampah disimpan di tempat sampah tertutup, dan bersihkan pipa serta saluran pembuangan secara teratur jika memungkinkan.

Baca Juga: 5 Kebiasaan minum yang buruk untuk kesehatan liver

3. Putus akses ke makanan dan air

Cara mengusir tikus di rumah yakni sebisa mungkin memutus akses mereka terhadap sumber makanan dan air. Hal ini dapat dilakukan dengan menyimpan makanan kering dalam wadah tertutup rapat. 

Selain itu, pastikan makanan sisa tidak ditinggalkan di meja dan masukkan ke dalam lemari. Bersihkan tumpahan makanan di meja dan lantai untuk menghindari tikus datang ke dalam rumah. 

4. Usir tikus dengan kapur barus 

Kapur barus bukanlah obat yang sepenuhnya alami. Tapi, menggunakan kapur barus untuk mengusir tikus lebih aman daripada umpan beracun dan tidak membahayakan tikus. 

5. Gunakan pengusir hama ultrasonik 

Pengendalian hama ultrasonik adalah metode bebas bahan kimia untuk mengusir tikus. Pengusir hama ultrasonik menggunakan frekuensi suara yang mengusir hama dan tidak dapat didengar oleh telinga manusia.

Selanjutnya: Hati-Hati Terjebak Aplikasi yang Janjikan Imbal Hasil Tinggi

 

Editor: Virdita Ratriani


Terbaru