5 Cara menghilangkan rayap terbaik ini patut Anda coba

Kamis, 19 November 2020 | 15:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara menghilangkan rayap terbaik ini patut Anda coba


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rayap merupakan salah satu jenis serangga yang menyerang perabotan kayu. Jika terus dibiarkan, rayap aan membuat perabotan Anda rusak. Maka dari itu, cara menghilangkan rayap berikut ini perlu Anda ketahui agar kondisi perabotan Anda tetap terjaga.

Asam Borat

Bahan pertama yang bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan rayap adalah asam borat atau boraks. Jenis pestisida itu tak membunuh rayap secara langsung. Setelah terpapar asam borat, rayap akan kesulitan menyerap nutrisi dari makanan apa pun yang dikonsumsi.

Anda bisa menyemprotkan asam borat pada rayap yang muncul di rumah Anda. Sebaiknya, gunakan sarung tangan dan kacamata saat melakukan cara tersebut agar Anda tetap aman. Selain itu, pastikan asam borat tak tersentuh anak-anak dan hewan peliharaan yang Anda miliki.

Cabai Rawit

Mengutip dari Expert Home Report (experthomereport.com), cabai rawit berguna untuk membasmi rayap karena adanya kandungan capsaicin. Capsaicin adalah zat kimia aktif dalam cabai rawit yang membuatnya panas dan pedas.

Baca Juga: Cara ini ampuh untuk hilangkan rayap di rumah

Cabai rawit mampu membunuh rayap dengan menyerang sistem sarafnya. Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Cukup taburkan cabai rawit pada area rumah atau perabotan yang diserang rayap. Ulangi cara tersebut sampai rayap benar-benar hilang.

Kardus

Cara menghilangkan rayap selanjutnya bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan kardus. Anda hanya perlu menempatkan kardus di sekitar sarang rayap. Tunggu beberapa saat sampai rayap menyerang kardus yang sudah Anda letakkan.

Selanjutnya, keluarkan kardus yang sudah dipenuhi rayap lalu bakar kardus tersebut. Namun, cara tersebut tak bisa menghilangkan rayap dalam waktu singkat. Jadi, sebaiknya ulangi jebakan rayap dari kardus beberapa kali sampai semua rayap hilang.

Baca Juga: Tips mencegah rayap menyerang rumah Anda

Cuka

Salah satu cara menghilangkan rayap adalah dengan memakai cuka.

Expert Home Report mengatakan bahwa cuka juga bisa jadi cara menghilangkan rayap yang cukup efektif. Anda bisa mengkombinasikan cuka dengan lemon. Campurkan air perasan dua lemon dengan setengah gelas cuka. Semprotkan campuran itu pada sarang rayap di rumah Anda.

Garam

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa membasmi rayap dengan memakai garam karena bahan alami ini mampu membuat rayap dehidrasi. Anda perlu mencampurkan garam dengan air hangat lalu semprotkan pada rayap dan sarangnya yang ada di rumah Anda.

Selanjutnya: Tips Cegah Rayap saat Musim Penghujan, Mudah dan Bikin Perabot Aman

Editor: Belladina Biananda


Terbaru