5 Faktor penyebab perut buncit, Anda mesti waspada

Jumat, 16 Juli 2021 | 19:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Faktor penyebab perut buncit, Anda mesti waspada


KESEHATAN - Ada banyak penyebab perut buncit yang bisa Anda alami. Salah satunya adalah penumpukan lemak yang tidak terkontrol.

Selain mengganggu penampilan, penumpukan lemak di sekitar perut juga bisa meningkatkan risiko berbagai macam penyakit.

Lemak di sekitar perut bisa meningkatkan inflamasi atau peradangan dalam tubuh, berpengaruh pada resistensi insulin dan lain sebagainya. Hal-hal itu tidak baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Supaya Anda bisa menghilangkan lemak di perut dengan lebih mudah, Anda perlu mengetahui penyebabnya. Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter biar penyebab penumpukan lemak di perut bisa terdiagnosa dengan lebih tepat.

Gen

Melansir Very Well Fit, gen bisa jadi salah satu faktor yang meningkatkan penumpukan lemak di sekitar perut. Selain itu, lingkungan keluarga dan lingkungan tempat tinggal jadi faktor lain yang perlu Anda perhatikan.

Baca Juga: Inilah 5 cara mengecilkan perut yang mudah dipraktikkan

Metabolisme

Penyebab perut buncit berikutnya adalah metabolisme tubuh Anda. Seiring bertambahnya usia, metabolisme dalam tubuh semakin lambat.

Akibatnya, jumlah kalori dan lemak dalam tubuh yang terbakar tak sebanyak saat usia Anda masih mudah.

Kesehatan mental

Very Well Fit menyebutkan bahwa kondisi kesehatan mental bisa jadi salah satu penyebab perut buncit. Saat stres, jumlah hormon kortisol ikut bertambah.

Hal itulah yang berpengaruh pada jumlah lemak yang menumpuk di sekitar perut dan bertambahnya berat badan secara keseluruhan. Alhasil, Anda cenderung mengonsumsi makanan berlebih saat mengalami stres.

Jenis makanan yang Anda konsumsi pun biasanya jenis makanan yang mengandung lemak tinggi. Hal itulah yang menyebabkan berat badan sulit terkontrol saat stres.

Baca Juga: 4 Cara mengecilkan paha ini mudah untuk dicoba, lo

Terlalu banyak kalori

Penyebab perut buncit berikutnya yang perlu Anda waspadai adalah surplus kalori. Artinya, jumlah kalori yang masuk ke tubuh lebih banyak daripada kalori yang Anda buang.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memerhatikan makanan yang Anda konsumsi dan meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari.

Jenis obat tertentu

Jenis obat tertentu bisa jadi salah satu penyebab perut buncit.

Perut buncit juga bisa Anda alami karena konsumsi jenis obat tertentu. Misalnya, obat antidepresan, kortikosteroid, antipsikotik.

Jika Anda merasa khawatir tentang berat badan setelah mengonsumsi jenis obat tertentu, tak ada salahnya untuk mengkonsultasikan hal tersebut dengan dokter.

Selanjutnya: Bisa Anda coba, begini 4 cara menghilangkan lemak di perut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru