5 Faktor penyebab sakit dada sebelah kanan

Senin, 22 Februari 2021 | 19:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Faktor penyebab sakit dada sebelah kanan

KONTAN.CO.ID - Tak hanya bagian kiri dan tengah, Anda pun dapat merasakan sakit dada sebelah kanan. Kondisi itu bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Mulai dari kecelakaan hingga peradangan yang terjadi di sekitar dada kanan.

Salah satu hal yang menyebabkan dada bagian kanan terasa sakit adalah otot di sekitarnya yang tegang. Penyebab otot tegang bisa stres, tekanan, atau kegiatan lain yang cukup berat, misalnya, olahraga.

Meski demikian, otot tegang bisa sembuh dengan cepat dengan obat-obat yang dijual di apotek. Selain otot tegang, masih banyak faktor lain yang dapat menimbulkan rasa sakit di bagian dada. Mulai dari gangguan kecemasan hingga patah tulang.

Gangguan kecemasan

Mengutip dari Medical News Today, gangguan kecemasan atau stres berlebih dapat memicu serangan kecemasaan atau anxiety attack. Tak hanya menimbulkan sakit dada, kondisi itu dapat menyebabkan sakit kepala, sesak napas, dan perubahan detak jantung.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda perlu mengatur stres Anda dengan baik. Cobalah untuk melakukan beberapa hal yang dapat merelaksasi tubuh dan pikiran Anda, seperti yoga, melakukan hobi, atau membuat jurnal.

Jika perlu, cobalah untuk berkonsultasi dengan psikolog.

Baca Juga: Hati-hati! Sakit dada sebelah kiri bisa karena hal ini

Patah tulang

Organ dalam tubuh yang berada di sekitar dada dilindungi oleh tulang rusuk. Saat tulang rusuk patah atau terluka dan tidak diatasi dengan benar, Anda akan merasakan sakit dada sebelah kanan.

Umumnya, patah tulang terjadi setelah Anda kecelakaan atau efek batuk yang terlalu keras.

Batuk yang terlalu keras dapat menyebabkan sakit dada sebelah kanan.

Penumonia

Penumonia atau infeksi paru-paru bisa jadi faktor lain yang menyebabkan sakit dada. Infeksi bisa disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur.

Sakit dada karena pneumonia akan terasa semakin parah saat Anda batuk atau berbicara. Selain itu, pneumonia juga mengakibatkan penderitanya demam, batuk, dan kehialngan nafsu makan.

Baca Juga: Hindari 5 makanan yang dilarang untuk penyakit jantung

Sakit jantung

Salah satu penyebab sakit dada sebelah kanan yang diketahui oleh banyak orang adalah sakit jantung. Medical News Today mengatakan, ada banyak gangguan yang bisa terjadi di jantung bagian kanan sehingga Anda memerlukan pertolongan medis.

GERD

Tahukah Anda, GERD dapat menimbulkan sakit dada? GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah kondisi asam lambung naik. Hal itu dapat menyebabkan munculnya sensasi terbakar di dada, kerongkongan, hingga bagian dalam mulut.

Selanjutnya: 4 Faktor yang menyebabkan nyeri punggung

Editor: Belladina Biananda


Terbaru