4 Faktor yang menyebabkan nyeri punggung

Selasa, 16 Februari 2021 | 18:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Faktor yang menyebabkan nyeri punggung

KONTAN.CO.ID - Banyak orang pernah mengalami nyeri punggung. Dan, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan rasa sakit di punggung. Mulai dari otot yang tertarik hingga kondisi kesehatan bagian tubuh lain yang sedang terganggu.

Otot tertarik jadi salah satu faktor umum yang menimbulkan rasa nyeri. Beberapa hal yang membuat otot tertarik adalah mengangkat benda dengan postur yang kurang benar, tidur dengan posisi yang keliru, atau hal lainnya.

Kondisi tersebut tidak hanya menimbulkan rasa sakit, tapi membatasi pergerakan tubuh Anda. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menghindari faktor-faktor yang dapat menyebabkan punggung terasa sakit.

Peradangan

Mengutip dari Reid Health, peradangan adalah salah satu respons tubuh terhadap suatu penyakit. Biasanya, kondisi tersebut ditandai dengan rasa sakit di punggung. Rasa sakit tidak hanya muncul di satu titik, tapi bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Baca Juga: Ketahui berbagai penyebab sakit punggung, dari cedera hingga kanker

Stres

Nyeri punggung bisa terjadi akibat tekanan atau stres berlebih pada bagian punggung Anda.

Postur tubuh yang kurang benar saat Anda melakukan suatu hal dapat memberikan beban atau stres berlebih pada punggung Anda. Maka dari itu, usahakan untuk melakukan kegiatan atau mengubah posisi tubuh secara perlahan agar kesehatan punggung tidak terjaga.

Biasanya, nyeri punggung akibat stres bisa hilang seiring berjalannya waktu. Namun, jika terus dibiarkan dan kondisi itu terus berulang, bukan tidak mungkin Anda mengalami kondisi yang lebih parah. Bahkan, Anda bisa memerlukan terapi fisik untuk mengembalikan kondisi kesehatan Anda.

Artritis

Faktor lain yang bisa menyebabkan nyeri punggung adalah artritis. Artritis adalah salah satu peradangan kronis yang menyerang persendian. Selain menimbulkan rasa sakit, kondisi tersebut dapat membuat sendi Anda kaku dan mengalami pembengkakan.

Baca Juga: Bukan jantung, inilah 4 penyebab sakit dada sebelah kiri

Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi di mana tulang mengalami pengeroposan karena kepadatannya berkurang. Reid Health menyebutkan, osteoporosis bisa terjadi di bagian tulang mana pun, tapi biasanya lebih banyak dialami tulang panggung dan tulang belakang.

Tidak hanya menimbulkan rasa sakit, kekuatan tulang Anda pun akan berkurang hingga Anda mengalami patah tulang. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya hal itu. Mulai dari rajin olahraga dan menerapkan pola hidup lain sesuai dengan anjuran dokter.

Selanjutnya: Tak boleh diabaikan, ini 5 penyebab nyeri dada tengah

Editor: Belladina Biananda


Terbaru