5 Manfaat air mawar, bisa dijadikan obat jerawat, lo

Kamis, 01 Juli 2021 | 07:59 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Manfaat air mawar, bisa dijadikan obat jerawat, lo

ILUSTRASI. Manfaat air mawar bisa Anda dapat dengan pemakaian rutin.


KECANTIKAN - JAKARTA. Air mawar merupakan salah satu bahan yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Bukan tanpa alasan, manfaat air mawar berasal dari berbagai macam nutrisi yang ada di dalamnya. Dengan pemakaian rutin, kesehatan kulit dan rambut Anda dapat terjaga.

Anda bisa mendapat air mawar dengan merendam bunga mawar terlebih dahulu. Jika Anda ingin menggunakan air mawar yang dijual di pasaran, pastikan untuk membeli air mawar murni, ya. Maksudnya, air mawar yang tidak dicampur dengan bahan-bahan kimia.

Supaya penggunaan air mawar tak mendatangkan banyak efek samping, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter. Nantinya, Anda bisa mendapat saran dosis dan penggunaan yang tepat sehingga manfaat-manfaat ini bisa Anda dapat secara maksimal.

Mengatasi Rambut Kering

Mengutip dari NDTV Food (food.ndtv.com), air mawar bisa Anda gunakan untuk mengatasi rambut kering. Caranya, campur air mawar dan gliserin dengan perbandingan yang sama lalu aduk hingga rata. Aplikasikan pada kulit kepala dan pijat dulu selama 10-15 menit. Selanjutnya, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan sampo.

Baca Juga: Luar biasa, 5 manfaat air mawar ini bisa Anda dapat

Mengobati Jerawat

Manfaat air mawar selanjutnya cocok untuk pemilik tipe kulit yang mudah berjerawat. Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah. Pertama, campur 1 sdm air mawar dengan 1 sdm air lemon. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada jerawat, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air.

Menghapus Sisa Make Up

Apakah Anda sering menggunakan make up? Jika iya, make up harus dibersihkan agar pori-pori tak tersumbat dan muncul banyak masalah kulit. Anda bisa melakukan hal itu dengan menggunakan air mawar.

Basahi kapas dengan beberapa tetes air mawar dan minyak kelapa lalu usapkan pada wajah. Tidak hanya berguna untuk membersihkan sisa make up, melakukan langkah itu juga efektif menutrisi kulit wajah Anda.

Baca Juga: 5 Cara mengatasi mata merah, bisa pakai bahan alami, lo

Mengatasi Mata Bengkak

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan mata bengkak. Entah karena kurang tidur, iritasi, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa memanfaatkan air mawar. Basahi kapas dengan air mawar dingin lalu letakkan di atas kelopak mata selama beberapa menit.

Kondisioner Rambut

Salah satu manfaat air mawar adalah digunakan sebagai kondisioner rambut.

Manfaat air mawar lainnya yang disebutkan NDTV Food adalah dijadikan kondisioner rambut. Setelah mencuci rambut dengan sampo, bilas rambut dengan air mawar. Pemakaian rutin akan membuat rambut Anda lebih sehat dan terlihat berkilau.

Selanjutnya: Wajib tahu, 5 manfaat air mawar ini bisa Anda dapatkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru