5 Manfaat teh hijau yang berguna untuk kesehatan tubuh

Kamis, 22 April 2021 | 12:07 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Manfaat teh hijau yang berguna untuk kesehatan tubuh

ILUSTRASI. Anda bisa mendapat manfaat teh hijau dengan mengonsumsinya secara rutin.

KONTAN.CO.ID - Ada banyak manfaat teh hijau yang bisa Anda dapat jika mengonsumsinya secara rutin. Manfaat itu berasal dari berbagai macam nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Dari beberapa jenis teh, teh hijau mengandung antioksidan yang paling banyak.

Tak hanya itu, laman A Sweet Pea Chef menyebutkan, teh hijau memiliki proses oksidasi yang lebih sedikit. Jadi, manfaat yang berasal dari jenis teh itu menjadi lebih banyak.

Namun, Anda perlu memerhatikan jumlah teh hijau yang Anda konsumsi. Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi teh hijau, bisa jadi muncul efek samping yang tidak Anda inginkan.

Misalnya, sakit kepala, dehidrasi, dan sakit perut. Maka dari itu, cobalah untuk mengatur asupan teh hijau supaya manfaat-manfaat ini bisa Anda dapat.

Melawan kanker

Tahukah Anda bahwa teh hijau berguna untuk melawan pertumbuhan sel kanker? Ada banyak jenis kanker yang bisa diatasi dengan teh hijau.

Meski demikian, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai hal itu. Tujuannya, untuk menghindari munculnya efek samping. Apalagi jika Anda mengonsumsi jenis obat tertentu.

Baca Juga: 5 Minuman yang bagus untuk kesehatan dan mencegah penyakit jantung

Mengatasi penyakit jantung

Manfaat teh hijau selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah jenis teh itu mampu mengatasi penyakit jantung. Kandungan dalam teh hijau mampu menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh.

Saat jumlah kolesterol lebih terkontrol, risiko stroke dan tekanan darah tinggi berkurang sehingga baik untuk kesehatan jantung Anda.

Mencegah pengeroposan tulang

Menurut A Sweet Pea Chef, teh hijau berguna untuk mencegah pengeroposan tulang. Dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin, kondisi tulang Anda akan semakin kuat dan risiko penyakit osteoporosis pun berkurang.

Menurunkan berat badan

Jika Anda mencari cara menurunkan berat badan, cobalah untuk mengonsumsi teh hijau secara rutin. Sebuah penelitian menunjukkan, konsumsi teh hijau dapat mengurangi berat badan dan ukuran lingkar pinggang Anda.

Kandungan dalam teh hijau mampu mempercepat proses metabolisme dalam tubuh sehingga pembakaran lemak pun meningkat. Hal itu juga jadi tanda bahwa aliran darah dalam tubuh lancar dan kesehatan sistem pencernaan terjaga.

Baca Juga: Teh hijau bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan membuat panjang umur

Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Salah satu manfaat teh hijau adalah menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Manfaat teh hijau berikutnya adalah menjaga kesehatan gigi dan mulut. Katekin yang terdapat dalam teh hijau berperan sebagai antibakteri sehingga risiko penyakit gigi dan mulut bisa berkurang.

Selain mengonsumsi teh hijau secara langsung, cobalah untuk memakai produk perawatan gigi dan mulut yang mengandung teh hijau.

Selanjutnya: Kaya antioksidan, ini manfaat teh daun salam untuk kesehatan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru