5 Penyebab mimisan ini bisa Anda alami, patut waspada

Selasa, 03 Agustus 2021 | 19:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Penyebab mimisan ini bisa Anda alami, patut waspada

KONTAN.CO.ID - Mimisan merupakan hal biasa yang bisa dialami siapa saja. Biasanya, mimisan tidak berbahaya, tapi bukan berarti Anda bisa mengabaikan penyebab mimisan.

Ada beberapa kasus di mana mimisan terjadi karena masalah kesehatan yang lebih serius. Mengutip dari Everyday Health, ada dua tipe mimisan yang dapat Anda alami, yaitu mimisan anterior dan mimisan posterior.

Mimisan anterior adalah mimisan yang terjadi di hidung bagian depan. Sedangkan mimisan posterior terjadi di bagian belakang hidung.

Mimisan anterior biasanya disebabkan oleh faktor ringan, misalnya, meniup hidung terlalu keras. Nah, yang jadi masalah adalah mmimisan posterior karena bisa terjadi karena masalah yang lebih serius.

Maka dari itu, Anda perlu mewaspadai penyebab-penyebab mimisan.

Infeksi benda asing

Benda asing yang masuk ke lubang hidung dapat membuat pembuluh darah di bagian hidung pecah. Hal itulah yang menyebabkan mimisan.

Biasanya, kondisi itu sering dialami oleh anak-anak. Maka dari itu, pengawasan orangtua diperlukan untuk menjaga kesehatan anak.

Baca Juga: Faktor Penyebab Mimisan yang Kerap Terjadi Secara Tiba-Tiba

Menggaruk hidung

Menggaruk hidung yang terlalu kasar bisa jadi penyebab mimisan. Hal yang sama juga bisa terjadi saat Anda mengupil.

Jika hidung bagian dalam terasa gatal, usahakan untuk tidak menggaruknya dengan kasar supaya bagian dalam hidung tidak terluka.

Dry air

Everyday Health menyebutkan bahwa dry air dapat memicu mimisan. Cuaca dingin atau pemanas dalam ruangan dapat membuat dinding hidung kering sehingga mudah pecah dan berdarah.

Supaya bagian dalam hidung tetap lembang, tak ada salahnya untuk menggunakan humidifier.

Jenis obat tertentu

Beberapa jenis obat bisa jadi salah satu penyebab mimisan.

Tahukah Anda bahwa jenis obat tertentu bisa jadi penyebab mimisan? Salah satu jenis obat yang dimaksud adalah obat pengencer darah.

Jenis obat tersebut dapat membuat darah sulit mengental sehingga pendarahan pun sulit berhenti.

Baca Juga: Perlu waspada, Anda bisa alami 5 penyebab anemia ini

Masalah kesehatan tertentu

Selain beberapa faktor yang telah disebutkan, mimisan juga bisa terjadi saat Anda memiliki kondisi kesehatan khusus. Penyakit ginjal, penyakit liver, atau konsumsi alkohol berlebih dapat membuat darah dalam tubuh Anda sulit menggumpal.

Penyakit tekanan darah tinggi atau penyakit yang berhubungan dengan jantung juga bisa menyebabkan hal serupa. Biasanya, ada gejala lain yang Anda alami. Misalnya, sakit kepala, sesak napas, cemas.

Selanjutnya: 5 Cara mengatasi hidung tersumbat dengan bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru