5 Rekomedasi tanaman obat yang bisa Anda tanam di rumah

Selasa, 30 Maret 2021 | 13:13 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Rekomedasi tanaman obat yang bisa Anda tanam di rumah

ILUSTRASI. Kemangi bisa Anda jadikan pilihan tanaman obat di rumah.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memiliki tanaman obat di rumah adalah salah satu hal yang cukup penting untuk Anda coba. Jenis tanaman itu tidak hanya menyembuhkan penyakit ringan, tapi juga bisa memperindah tampilan rumah Anda.

Ada banyak jenis penyakit yang bisa diobati dengan tanaman. Mulai dari iritasi kulit akibat gigitan serangga, sakit perut, atau sakit kepala. Cara mengolahnya pun cukup mudah. Anda bisa merebus tanaman, mengolahnya dengan masakan lain, atau menggunakannya secara langsung.

Jika Anda tertarik untuk memiliki tanaman yang berguna untuk kesehatan Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah jangan menggunakan pestisida atau bahan kimia lain karena cukup berisiko membahayakan Anda dan anggota keluarga yang lain.

Bawang Putih

Bawang putih termasuk salah satu tanaman obat yang bisa Anda tanam di sekitar rumah Anda. Mengutip dari Pro Flowers (proflowers.com), bawang putih mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol serta mencegah penyakit jantung dan infeksi penyakit yang lain.

Baca Juga: Manfaat kapulaga untuk kesehatan: obat kuat sampai meredakan asam urat

Kemangi

Jika Anda suka mengonsumsi kemangi, cobalah untuk menanamnya sendiri di rumah. Anda bisa mengolah kemangi menjadi smoothie, mengonsumsinya langsung sebagai lalapan, atau memanfaatkannya sebagai penghias makanan.

Cabe Rawit

Cabe rawit termasuk salah satu tanaman obat yang bisa Anda miliki.

Jika Anda mencari tanaman obat, tidak ada salahnya untuk memilih cabe rawit. Jenis tanaman itu memiliki banyak manfaat yang bisa Anda rasakan. Mulai dari meningkatkan metabolisme, mengeluarkan zat racun dari tubuh, dan mengobati sakit perut.

Lavender

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat dari lavender. Aroma yang keluar dari lavender dapat membuat sistem saraf Anda rileks sehingga stres pun dapat berkurang. Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak manfaat lavender untuk Anda.

Mulai dari mengobati jerawat, mengatasi masalah saluran pernapasan, mengatasi sakit kepala, dan menjaga kesehatan rambut serta kulit. Cobalah memakai lavender dalam bentuk minyak atau meminum air rebusan lavender.

Baca Juga: 5 Manfaat daun binahong untuk kesehatan: mengobati maag sampai sesak nafas

Peppermint

Pro Flowers merekomendasikan pepperminy sebagai tanaman selanjutnya yang perlu Anda tanam di rumah. Selain membuat teh terasa semakin lezat, daun peppermint juga mampu mengobati sakit perut dan nyeri otot.

Tak hanya itu, pepperminy masih menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Misalnya, mengobati reaksi alergi, meredakan mual, mengurangi bau mulut, dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Selanjutnya: 12 Obat herbal yang efektif meredakan asam urat

Editor: Belladina Biananda
Terbaru