5 Tradisi Unik Perayaan Hari Raya Natal 25 Desember di Berbagai Negara di Dunia

Jumat, 24 Desember 2021 | 11:24 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Tradisi Unik Perayaan Hari Raya Natal 25 Desember di Berbagai Negara di Dunia

ILUSTRASI. 5 Tradisi Unik Perayaan Hari Raya Natal 25 Desember di Berbagai Negara di Dunia. Foto: Perayaan Natal di Jerman


FAKTA MENARIK -  Setiap tanggal 25 Desember, diperingati sebagai Hari Raya Natal. Tidak hanya di Indonesia, berbagai negara di belahan dunia juga merayakan hari kelahiran Yesus Kristus ini dengan berbagai tradisi yang unik. 

Hari Natal atau Cristmas Day identik dengan pohon cemara yang dihiasi dengan berbagai dekorasi, kado-kado, dan Santa Claus.

Pohon cemara dihias dengan ornamen yang cantik untuk menyambut Natal. Tidak lupa kado ditaruh di bawah pohon untuk menciptakan suasana Natal yang makin menarik.

Gereja di berbagai daerah akan penuh dengan umat yang beribadah diiringi dengan lagu rohani. Tidak hanya di gereja dan rumah-rumah umat Kristiani saja yang penuh dekorasi khas Natal, banyak tempat umum seperti supermarket juga dipercantik dengan ornamen khas Hari Raya Natal. 

Baca Juga: Batik Air dan Wings Air Buka Lowongan Kerja, Minimal Lulusan SMA Bisa Daftar

Umat Kristiani di berbagai negara di dunia merayakan hari kelahiran Yesus Kristus dengan beragam cara. Banyak negara menyambut Hari Raya ini dengan pesta yang meriah dan hidangan yang khas.  

Apa saja tradisi unik perayaan Natal di beberapa negara tersebut? Simak informasinya berikut ini dihimpun dari www.whychristmas.com dan www.goodhousekeeping.com.

  • Inggris: Kaus kaki jadi tempat Santa menaruh hadiah

Jika Anda kebetulan sedang ada di Inggris saat Hari Natal, Anda akan menemukan banyak toko yang menjual kaus kaki dengan berbagai ukuran. 

Kaus kaki memang identik dengan Natal di negara yang dipimpin Ratu Elizabeth II ini. Tidak hanya sebagai penghangat kaki saat salju di malam Natal, kaus kaki juga memiliki fungsi lain menurut masyarakat Inggris.

Perayaan Natal identik dengan hadiah yang menarik. Tidak jarang anak-anak berharap bisa mendapatkan barang kesukaannya di Hari Natal. 

Anak-anak akan berdoa atau menuliskan hadiah apa yang mereka inginkan pada Santa Claus. Di Inggris, beragam kaus kaki unik akan digantungkan di dekat perapian atau di dekat tempat tidur. 

Dengan cara ini, Santa bisa menaruh hadiahnya di dalam kaus kaki. Saat anak-anak bangun di Hari Natal, ada hadiah yang menyambut mereka. 

Terkadang, di dalam kaus kaki diisi dengan makanan seperti pie dan minuman. Makanan dan minuman tersebut ditujukan untuk Santa Claus, sehingga dia bisa sejenak makan dan minum saat mengantar kado milik anak-anak. 

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Kuning buat Melamar Pekerjaan, Penting bagi Pencari Kerja

  • KFC jadi hidangan Hari Natal di Jepang

Meski tidak banyak umat Kristiani di Jepang, Malam Natal dan Hari Natal dirayakan cukup meriah disana. Ada banyak toko yang memajang pernak-pernik khas Natal.

Anda juga bisa mendengar lagu-lagu Natal sepanjang masa, baik yang lama maupun yang populer saat ini, yang diputar oleh toko-toko terpopuler. 

Masyarakat Jepang menjadikan Malam Natal sama seperti Valentine atau hari kasih sayang. Ada banyak pasangan yang memanfaatkan malam tersebut untuk melakukan hal romantis. 

Banyak dari pasangan akan berjalan untuk menikmati lampu-lampu Natal. Tidak jarang mereka juga menikmati makan malam romantis bersama pasangan tercinta. 

Saat tanggal 25 Desember, kebanyakan masyarakat Jepang akan merayakan Natal dengan menyantap ayam goreng. Tahun 1974, KFC kampanye iklan bernama "Kentucky for Christmas!" atau Kentucky untuk Hari Natal. 

Iklan ini cukup sukses dan hingga sekarang perayaan Natal di Jepang selalu identik dengan menyantap ayam goreng terutama KFC. 

  • Makhluk seram di Austria saat Hari Natal

Kebanyakan perayaan Natal di banyak negara identik dengan hal-hal menyenangkan, tapi ada yang berbeda di Austria. 

Di Austria, Anda akan menemukan sekumpulan monster yang berjalan berkeliling di jalanan. Monster tersebut bernama Krampus, makhluk setengah manusia setengah kambing, akan menghukum anak-anak yang nakal. 

Beberapa orang akan mengenakan topeng seram dengan tanduk kambing berkeliling untuk mencari anak-anak yang nakal. Bersama dengan Krampus, St. Nicholas akan memberikan hadiah untuk anak-anak yang baik. 

Baca Juga: 7 Tips Menenangkan Anak yang Tidak Mau Divaksin Covid-19 Karena Takut Disuntik

  • Pasar Natal penuh dekorasi dan makanan di Jerman

Perayaan Natal di Jerman tidak lepas dengan Pasar Natal yang meriah. Masyarakat negara ini akan mengunjungi pasar tersebut untuk membeli berbagai dekorasi Natal dan makanan khas Natal. 

Dekorasi Natal yang paling populer di Jerman adalah ornamen kaca. Jika Anda kebetulan berada di negara ini saat Natal, cobalah untuk berkunjung di Pasar Natal. Anda bisa melihat berbagai macam dekorasi indah sambil menikmati sosis Bratwurst dan segelas minuman hangat. 

  • Malam Natal dengan pesta di Meksiko 

Masyarakat Meksiko merayakan Malam Natal dengan pesta yang meriah. Di setiap rumah akan mengadakan perjamuan yang meriah dengan berbagai hidangan seperti kalkun panggang dan babi panggang. 

Perayaan Malam Natal semakin meriah karena anak-anak diberi piñata. Piñata diisi dengan berbagai camilan yang disukai anak-anak. Mereka akan memukulnya dengan mata tertutup hingga pecah untuk mendapatkan camilan di dalam piñata. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru