6 Manfaat pare yang penting untuk kesehatan tubuh

Senin, 09 November 2020 | 15:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Manfaat pare yang penting untuk kesehatan tubuh


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Siapa yang suka mengonsumsi pare? Ternyata, sayur dengan rasa sangat pahit ini memiliki banyak manfaat, lo. Manfaat pare berasal dari berbagai macam nutrisi yang terkandung di dalamnya. Agar manfaat itu bisa dirasakan tubuh, usahakan untuk mengonsumsi pare secara rutin.

Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan suatu kondisi di mana mineral dalam tubuh mengalami penumpukan dan pengkristalan. Batu ginjal hadir dalam berbagai macam ukuran. Batu ginjal yang kecil bisa dikeluarkan dari tubuh bersama dengan kecing.

Hal tersebut tak berlaku bagi batu ginjal yang berukuran besar. Namun, Anda tak perlu khawatir karena batu ginjal besar bisa dihancurkan oleh pare. Lifehack (lifehack.org) mengatakan bahwa pare mampu mengurangi zat asam dari batu ginjal yang menyebabkan rasa sakit.

Menurunkan Kolesterol

Manfaat pare lainnya untuk tubuh adalah dengan mengurangi jumlah kolesterol jahat atau LDL. Kolesterol jahat yang terlalu banyak dalam tubuh bisa menyebabkan munculnya penyakit, seperti serangan jantung, stroke, atau jenis penyakit jantung lainnya.

Baca Juga: Pahit dan buruk rupa, Ini manfaat pare untuk kesehatan tubuh Anda

Mengatasi Masalah Kulit

Masalah kulit tak hanya bisa diatasi dengan produk perawatan dari luar, lo. Mengonsumsi jenis makanan tertentu juga mampu mengatasi berbagai macam masalah kulit yang sedang Anda alami.

Mengutip dari Lifehack, pare berguna untuk mengobati berbagai penyakit kulit. Mulai dari jerawat, eksim, dan psoriasis. Tak hanya itu, pare juga mampu mencerahkan dan melembutkan kulit. Anda bisa mengonsumsi jus atau sup pare agar manfaat itu bisa Anda rasakan.

Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat pare adalah menurunkan berat badan.

Selain melakukan olahraga secara rutin, mengonsumsi pare juga bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan Anda. Pare mengandung banyak nutrisi dan sedikit kalori. Mengonsumsi jenis sayur ini membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga tak banyak makanan ringan yang Anda konsumsi.

Baca Juga: 4 Manfaat daun kelor, bisa turunkan kolesterol dan gula darah

Meningkatkan Sitem Imun Tubuh

Sistem imun tubuh yang tak kuat menyebabkan banyak penyakit menyerang tubuh Anda. Agar hal itu tak terjadi, Anda bisa mengonsumsi pare secara rutin. Lifehack mengatakan bahwa ada banyak manfaat pare. Mulai dari meredakan GERD, mengobati batuk, dan mencegah alergi makanan.

Kanker Pankreas

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas, pare juga berkhasiat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, apalagi kanker pankreas. Dengan mengonsumsi pare secara rutin, tak hanya kanker pankreas yang bisa dicegah, tapi juga kanker di bagian tubuh lainnya.

Selanjutnya: Ini manfaat daun mint untuk kecantikan kulit dan rambut Anda

Editor: Belladina Biananda


Terbaru