8 Kemampuan yang perlu dimiliki fresh graduate jika ingin cepat dapat kerja

Sabtu, 11 Desember 2021 | 07:11 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
8 Kemampuan yang perlu dimiliki fresh graduate jika ingin cepat dapat kerja

ILUSTRASI. 8 Kemampuan yang perlu dimiliki fresh graduate jika ingin cepat dapat kerja. KONTAN/Carolus Agus Waluyo.


KONTAN.CO.ID - Fresh graduate ingin cepat dapat kerja setelah lulus kuliah? Simak kemampuan apa saja yang perlu dimiliki mahasiswa agar cepat dapat pekerjaan setelah lulus.

Lulusan baru atau yang sudah berpengalaman perlu mengikuti perkembangan kemampuan yang sedang banyak dibutuhkan di dunia kerja. 

Tidak hanya hard skillsoft skill juga perlu dikuasai agar mudah mendapatkan pekerjaan di tengah persaingan yang ketat saat ini.

Sebanyak 10 profesional dari Dewan Sumber Daya Manusia Forbes memberikan daftar skill yang paling banyak dicari oleh para HRD perusahaan. 

Kemampuan yang dibutuhkan tersebut sesuai dengan kebutuhan perusahaan saat ini, terutama yang menggunakan sistem work form home atau WFH. 

Baca Juga: Selamat Hari Hak Asasi Manusia Sedunia 10 Desember, ini 30 jenis HAM menurut PBB

Berikut daftar 8 skill yang banyak dibutuhkan perusahaan 2021, merangkum dari situs www.forbes.com:

  • Keinginan untuk terus belajar

Teknologi yang terus berkembang memaksa manusia untuk terus belajar. Hal ini diperlukan agar mereka bisa beradaptasi dengan hal-hal yang baru. 

Contohnya saja di dunia pendidikan. Para guru sekarang dituntut untuk bisa memanfaatkan teknologi selama pandemi berlangsung. 

Sama halnya dengan karyawan di berbagai institusi. Agar tetap eksis, mereka perlu menanamkan kemampuan untuk terus belajar hal baru. 

Tanpa soft skill ini, karyawan akan kesulitan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang terus berkembang karena merasa sudah cukup dengan kemampuan yang sudah dikuasi. 

  • Berpikir kritis

Setiap perusahaan akan menghadapi tantangan-tantangan yang baru. Karenanya, karyawan diharapkan mampu berpikir secara kritis untuk mengembangkan inovasi. 

Tanpa inovasi, sebuah perusahaan bisa gulung tikar akibat tersaingi perusahaan lain yang lebih inovatif. 

Skill berpikir kritis juga sangat dibutuhkan saat karyawan menghadapi berbagai permasalahan. Dengan kemampuan ini, karyawan bisa lebih berhati-hati dan logis saat mengambil keputusan.

Baca Juga: 20 Kampus terbaik di Indonesi versi UniRank buat referensi SNMPTN 2022

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru